Fauzi, Nanda Wiratama Miftakhul (2015) Pembelajaran memecahkan masalah kontekstual melalui free-body diagrams (FBDs) pada materi dinamika rotasi di SMK / Nanda Wiratama Miftakhul Fauzi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Fauzi N.W.M. 2015. Pembelajaran Memecahkan Masalah Kontekstual melalui Free-body Diagrams (FBDs) pada Materi Dinamika Rotasi di SMK. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si (II) Prof. Dr. Arif Hidayat. Kata kunci Free-body diagrams kemampuan menyelesaikan masalah dinamika rotasi siswa SMK. Siswa SMK kesulitan dalam memecahkan masalah dinamika rotasi sehingga mempengaruhi keberhasilannya dalam belajar fisika. Sebagian besar siswa tidak dapat mengidentifikasi gaya-gaya yang bekerja pada suatu sumbu. Siswa perlu diajarkan bagaimana membuat free-body diagrams dengan tepat. Pembuatan free-body diagrams akan lebih sukses dilakukan dengan bantuan interaction diagrams. Siswa membuat free-body diagrams pada tahap awal identifikasi masalah pada strategi pemecahan masalah. Guru menghadirkan masalah kontekstual mengenai peristiwa dinamika rotasi yang sering ditemui di bengkel sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah kualitas strategi pemecahan masalah dan kualitas free-body diagrams yang dibuat siswa SMK saat memecahkan masalah dinamika rotasi. Penelitian menggunakan mixed methods dengan embedded experiment design. Penelitian dilakukan pada kelas X SMK Negeri Klabang Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015. Skor keberhasilan pemecahan masalah saat pretest-posttest dianalisa dengan t-test normalized gain score dan effect size untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan masalahnya. Data kualitatif berupa kemampuan memecahkan masalah kualitas strategi pemecahan masalah dan kualitas free-body diagrams yang dibuat siswa dianalisa dengan tahapan menyederhanakan menyajikan dan menarik kesimpulan. Skor keberhasilan pemecahan masalah kualitas strategi pemecahan masalah dan kualitas free-body diagrams dianalisa dengan Chi-square dan Cramer s V untuk mengetahui hubungan ketiganya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan memecahkan masalah dengan nilai N-gain sebesar 0 55 dan nilai effect size sebesar 4 04. Kualitas strategi pemecahan masalah siswa juga lebih baik saat posttest dibandingkan pretest. Siswa yang memecahkan masalah dengan kualitas strategi yang lebih baik mendapatkan skor yang lebih baik. Selain itu kualitas free-body diagrams yang dibuat siswa juga lebih baik saat posttest dibandingkan pretest. Siswa yang membuat free-body diagrams dengan kualitas yang lebih baik mendapatkan skor yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59801 |
Actions (login required)
View Item |