Model mental mahasiswa pada fenomena rusaknya kaleng yang dipanas-dinginkan sebelum dan setelah diskusi kelompok / Dinul Azhari - Repositori Universitas Negeri Malang

Model mental mahasiswa pada fenomena rusaknya kaleng yang dipanas-dinginkan sebelum dan setelah diskusi kelompok / Dinul Azhari

Azhari, Dinul (2015) Model mental mahasiswa pada fenomena rusaknya kaleng yang dipanas-dinginkan sebelum dan setelah diskusi kelompok / Dinul Azhari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azhari Dinul. 2015. Model Mental Mahasiswa Pada Fenomena Rusaknya Kaleng Yang Dipanas-DinginkanSebelum dan Setelah Diskusi Kelompok Tesis ProdiPendidikanFisika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si(II) Dr. Parno M.Si. Kata kunci diskusi kelompok model mental pengetahuankonseptual. Mengidentifikasi model mental lebih dari sekedar melihat pemahaman mahasiswa tentang suatu fenomena fisika. Mahasiswamenggunakan model mentalnyauntukmemahamifenomena yang abstrak. Model mental dan pengetahuan konseptualdapat saling mempengaruhi selama belajar fisika. Seperti halnya konsepsi yang bisa berubah akibat interaksi sosial maka model mental juga dapat berubah. Mahasiswa yang memiliki model mental yang kurangtepatdapatdiubahmelaluidiskusi kelompok karena model mental masing-masing anggota kelompok dapat saling mempengaruhi. Para peneliti banyak mengidentifikasi model mental mahasiswa mengenai fenomena-fenomena fisika namun belum ada yang meneliti model mental mahasiswa mengenai fenomena termodinamika. Penelitianinimerupakanjenismixed methoddesain embedded experimental model. Penelitiankualitatiftermasukfenomenologiyaitumenginterpretasikan model mental yang dimilikimahasiswaberdasarkandeskripsimerekamengenai suatufenomenatermodinamika. Teknik analisis data kualitatif menggunakan teknik constant comparative untuk mengelompokkan model mental. Penelitian kuantitatif melihat hubungan pengetahuan konseptual dengan model mental.Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis Eta non-parametrik.Model mental respondenyang sudahdikelompokkankemudiandikaitkandenganpengetahuankonseptual yang dimilikiresponden. Tes pengetahuan konseptual berupa pilihan ganda yang terdiri dari 6 butir soal dan tes model mental berupa sebuah kasus fenomena kaleng yang dipanas-dinginkan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis wawancara dan observasi yang dilakukan langsung oleh peneliti. Penelitian ini dilakukan pada 28 mahasiswa S1 jurusan pendidikan fisika yang telah memperoleh materi proses-proses termodinamika. Berdasarkanhasilanalisisterhadapseluruhpenjelasanrespondenketika pre-test diskusi kelompok diskusi kelas dan post-test diperoleh 5 ragam model mental.Sebagianbesarresponden (28 6%) yang memilikipengetahuankonseptualrendahmeyakinibahwakalengmengkerutkarenaefekperubahansuhu yang cepat. Berbedadenganresponden yang memilikipengetahuankonseptualsedang sebagian besar (28 6%) memberikananalisisfenomenakalengberdasarkankonsep PV nRT.Pada saat pre-test diperoleh 5 ragam model mental kemudian berkurangmenjadi 2 ragam model mental setelahpost-test. Tiga ragam model mental ditinggalkan oleh responden ketika diskusi kelompok. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59798

Actions (login required)

View Item View Item