Pengaruh pembelajaran multirepresentasi terhadap penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa SMK pada konsep usaha energi dan daya / Diah Ratna Widiastuti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran multirepresentasi terhadap penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa SMK pada konsep usaha energi dan daya / Diah Ratna Widiastuti

Widiastuti, Diah Ratna (2015) Pengaruh pembelajaran multirepresentasi terhadap penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa SMK pada konsep usaha energi dan daya / Diah Ratna Widiastuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widiastuti D.R. 2015. Pengaruh Pembelajaran Multirepresentasi terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Representasi Siswa SMK pada Materi Usaha Energi dan Daya. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M. Si (II) Dr. Sutopo M.Si. Kata kunci pembelajaran multirepresentasi penguasaan konsep kemampuan representasi usaha energi dan daya. Agar siswa mudah memahami fisika maka konsep-konsep fisika harus disajikan dalam berbagai representasi. Penguasaan konsep fisika siswa dapat dilihat dari kemampuan representasi siswa karena siswa dituntut untuk mampu menyajikan suatu konsep pada berbagai representasi dalam memecahkan masalah secara tepat. Untuk itu diperlukan pembelajaran yang dapat melatih siswa mampu menggali informasi dari representasi dan membangun representasi lain dengan benar. Salah satu pembelajaran yang sesuai dengan tujuan tersebut adalah pembelajaran multirepresentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan perubahan representasi siswa pada konsep usaha energi dan daya. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan embedded experimental design dan dilakukan pada kelas X (TSM) SMK Negeri Klabang Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015. Skor pretest-postest dianalisis dengan t-test normalized gain score dan effect size untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep. Data kuantitatif yang berupa perubahan jenis dan kualitas representasi diperoleh dari jawaban siswa yang dianalisis menggunakan rubrik pengkodean. Data kualitatif berupa penguasaan konsep serta kualitas representasi yang dibuat siswa dianalisis dengan tahapan menyederhanakan menyajikan dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Terdapat peningkatan penguasaan konsep setelah belajar menggunakan multirepresentasi. Rata-rata skor pretest dan postest berubah dari 26 2 menjadi 66 3 dengan rata-rata n-gain score sebesar 0 55 dengan nilai p 0 000 dan effect size sebesar 6 3 2) Terdapat perubahan jenis dan kualitas representasi. Persentase siswa yang membuat representasi dengan tiga model berubah dari tidak ada menjadi 27 3%. Penggunaan representasi verbal meningkat dari 20% menjadi 50 9% representasi matematika 70% menjadi 92 7% dan representasi gambar meningkat dari 10% menjadi 83%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59797

Actions (login required)

View Item View Item