Abbas, Muhammad Luqman Hakim (2015) Pengembangan model tes diagnostik three tier berbantuan komputer untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada konsep suhu dan kalor / Muhammad Luqman Hakim Abbas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Abbas M Luqman H. 2015. Pengembangan Model Tes Diagnostik Three-tier Berbantuan Komputer untuk Mengatasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Suhu dan Kalor. Tesis S2 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi S.Pd M.Si (II) Nandang Mufti S.Si M. Si Ph.D Kata Kunci tes diagnostik berbantuan komputer three tier suhu dan kalor Tes diagnostik yang dilaksanakan guru belum mampu memberikan balikan yang spesifik dalam waktu singkat kepada setiap siswa. Ketidak mampuan guru ini dikarenakan banyaknya kapasitas siswa dan lamanya waktu koreksi sehingga mengakibatkan pemahaman kon sep siswa terhadap suatu materi menjadi kurang komprehen sif. Diperlu kan alat belajar yang dapat membantu guru dalam melaku-kan tes diagnostik yang bisa memberikan balikan spesifik dalam waktu singkat kepada setiap siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk model tes diagnostik three tier berbantuan komputer untuk mengatasi miskonsepsi siswa pada konsep suhu dan kalor serta mengukur kelayakan dan efektivitas model tes diagnostik tersebut melalui uji validasi uji coba terbatas serta uji coba kelas. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan. Sebagai model pengembangan digunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi meliputi tahap studi pendahuluan tahap perancangan draf produk tahap pengembangan draf produk dan tahap uji coba. Penelitian dilakukan di SMAN Ngoro dengan melibatkan siswa guru dan Dosen Fisika. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk penilaian validator uji kualitas produk oleh pengguna dalam uji coba terbatas dan uji efektivitas produk pengembangan dalam uji coba kelas. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penilaian validator dan tanggapan siswa data pretest-posttest pada uji coba kelas serta data kualitatif berupa komentar dan saran yang diberikan oleh validator. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik rata-rata sedangkan data pretest-posttest dianalisis dengan uji t-test dan mann-whitney. Hasil dari pengembangan produk adalah model tes diagnostik three tier berbantuan komputer buku petunjuk siswa dan buku petunjuk guru. Hasil analisis data kuantitatif validasi dan uji coba terbatas menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan termasuk dalam kategori baik dan layak sehingga tidak memerlukan revisi. Berdasarkan data kualitatif produk telah direvisi berdasarkan komentar dan saran validator. Hasil uji statistik menggunakan Uji t-test dan Mann-whytney didapatkan kesimpulan bahwa produk yang dikembangan efektif untuk membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman konsep dan mampu mengatasi miskonsepsi siswa pada materi suhu dan kalor. Beberapa kelebihan produk yang telah dikembangkan adalah sebagai berikut (1) Produk dapat membantu siswa mengatasi miskonsepsi dan meningkatkan pemahaman konsep (2) Produk dapat memberikan feedback kepada siswa setelah mengerjakan seluruh tes diagnostik (3) Produk dapat membantu guru dalam melakukan tes diagnostik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59792 |
Actions (login required)
View Item |