Pengembangan media tutorial berbantuan komputer untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Malang / Dulari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media tutorial berbantuan komputer untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Malang / Dulari

Dulari (2015) Pengembangan media tutorial berbantuan komputer untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan prestasi belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Malang / Dulari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dulari. 2015. Pengembangan Media Tutorial Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si (II) Nandang Mufti M.T Ph.D Kata Kunci media tutorial keterampilan pemecahan masalah prestasi belajar kesetimbangan dinamika rotasi Pemecahan masalah merupakan tahapan penting dalam pembelajaran. Jika rutin dilatihkan pada siswa maka kemampuan mereka memecahkan masalah meningkat siswa semakin percaya diri dan termotivasi dalam menyelesaikan masalah.Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan media tutorial berbantuan komputer untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan prestasi belajar fisika materi kesetimbangan dan dinamika rotasi dan (2) menguji efektivitas media tutorial terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan prestasi belajar fisika siswa yang belajar menggunakan media dan siswa yang belajar tanpa media. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan model prosedural untuk menghasilkan produk. Uji efektivitas media menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian dalam bentuk posttest control group design Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Teknik pengumpulan data melalui proses validasi produk validasi soal pilihan ganda dan posttest. Data yang dikumpulkan dari validasi produk adalah data kuantitatif dan data kualitatif berupa tanggapan dan saran. Analisis data menggunakan teknik perhitungan nilai ra ta-rata dan kesimpulan kelayakan produk mengacu pada kriteria hasil analisa kelayakan. Data hasil posttest berupa skor dianalisis menggunakan uji-t. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Malang semester genap tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 189 siswa dengan rincian 95 siswa kelas eksperimen dan 94 siswa kelas kontrol. Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan berkategori baik efektif menarik dan layak walaupun sebagian perlu direvisi. Produk telah direvisi berdasarkan data kualitatif tanggapan dan saran validator. Hasil analisis peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan prestasi belajar melalui uji-t disimpulkan ada perbedaan. Keterampilan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan media tutorial lebih tinggi dari siswa yang belajar tanpa menggunakan media. Kekuatan media tutorial dapat memberi feedback dengan cepat dan mampu melatih keterampilan pemecahan masalah. Kelemahannya hanya bisa digunakan untuk materi yang sudah dirancang dan hanya bisa diakses menggunakan laptop windows. Media tutorial efektif terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan prestasi belajar siswa namun perlu penelitian lebih lanjut untuk uji coba yang lebih luas misalnya antar sekolah dan uji coba secara online. Penelitian lanjutan disarankan juga media tutorial dilengkapi pembahasan dan sesi bantuan berupa animasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59791

Actions (login required)

View Item View Item