Pengembangan multimedia pembelajaran gerak translasi dan rotasi dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa / Akbar Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran gerak translasi dan rotasi dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa / Akbar Kurniawan

Kurniawan, Akbar (2015) Pengembangan multimedia pembelajaran gerak translasi dan rotasi dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa / Akbar Kurniawan. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Akbar. 2015. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Gerak Translasi dan Rotasi dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata Kunci Multimedia Pendekatan Saintifik Prestasi Belajar Siswa SMK Pembelajaran fisika yang efektif adalah pembelajaran yang mendorong siswa untuk menemukan konsep dan memahami konsep dengan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dapat dilakukan dengan model Discovery Learning. Namun demikian Discovery Learning sulit diterapkan pada siswa dengan minat belajar dan kemampuan prasyarat yang rendah karena menuntut siswa untuk melakukan serangkaian kegiatan dengan bersikap kritis kreatif objektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia berbasis komputer untuk membantu siswa mempelajari fisika secara saintifik sehingga prestasi belajar siswa meningkat. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R D). Model pengembangannya terdiri dari tiga tahap yaitu pendahuluan (identifikasi kebutuhan perumusan tujuan pembelajaran perumusan materi perumusan alat pengukur keberhasilan) pengembangan (pembuatan multimedia) dan pengujian. Subjek uji coba terdiri dari dosen ahli guru senior siswa kelas XII (dalam uji kelompok kecil) dan siswa kelas X (dalam uji lapangan). Uji lapangan menggunakan pretest-posttest one group only design. Instrumen pengumpulan data terdiri dari dokumen berupa angket kebutuhan bahan ajar instrumen wawancara angket validasi ahli isi dan materi angket validasi guru senior angket validasi siswa dan soal tes uji prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Batu semester genap tahun 2015 dengan sampel yang diambil secara acak. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah multimedia bagi guru tentang gerak translasi dan rotasi untuk memandu siswa belajar dengan pendekatan saintifik. Kekuatan multimedia tersebut di antaranya adalah 1) dapat digunakan untuk menghadirkan fenomena tanpa menghadirkan benda atau peristiwa aslinya 2) menyajikan fenomena yang belum dikenal oleh para siswa untuk memberikan inspirasi kepada siswa dalam berkreasi 3) memandu siswa untuk menemukan konsep secara efektif dan lebih mudah 4) menjelaskan materi yang padat dengan ringkas dan 5) menampilkan permainan grafis (animasi dan video) sederhana tetapi menarik bagi siswa. Kelemahan multimedia tersebut adalah 1) hanya mampu mengatasi permasalahan siswa pada aspek pengetahuan 2) tidak dilengkapi simulasi interaktif 3) memerlukan fasilitas yang kompleks yaitu komputer dan proyektor LCD dan 4) tidak cocok untuk pembelajaran jarak jauh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59789

Actions (login required)

View Item View Item