Pembelajaran multi representasi untuk meningkatkan pemahaman konsep perambatan dan interferensi gelombang mekanik pada mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang / Kartika Kusumaningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran multi representasi untuk meningkatkan pemahaman konsep perambatan dan interferensi gelombang mekanik pada mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang / Kartika Kusumaningtyas

Kusumaningtyas, Kartika (2015) Pembelajaran multi representasi untuk meningkatkan pemahaman konsep perambatan dan interferensi gelombang mekanik pada mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang / Kartika Kusumaningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kusumaningtyas Kartika. 2015. Pembelajaran Multi Representasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perambatan dan Interferensi Gelombang Mekanik Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sutopo M.Si. (2) Dr. Markus Diantoro M.Si Kata kunci pembelajaran multi representasi pemahaman konsep gelombang mekanik Gelombang mekanik merupakan salah satu topik fisika yang memiliki kaitan erat dengan kehidupan sehari-hari. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep gelombang mekanik tersebut. Beberapa kesulitan siswa terkait topik gelombang mekanik antara lain (1) merepresentasikan gelombang berjalan (2) menentukan kecepatan partikel medium dan gelombang (3) menen-tukan hubungan panjang gelombang dan cepat rambat gelombang dan pemantulan dan pembiasan gelombang dan (4) merepresentasikan superposisi gelombang. Sejauh ini penggunaan multi representasi dalam pembelajaran telah diteliti. Namun tidak ditemukan penelitian tentang penggunaan pembelajaran multi representasi pada topik perambatan dan interferensi gelombang mekanik. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peningkatan pemahaman mahasiswa tentang perambatan dan interferensi gelombang mekanik setelah melalui pembelajaran dengan menggunakan multi representasi. Subjek penelitian terdiri dari 27 mahasiswa tahun pertama pendidikan fisika Universitas Negeri Malang yang mengikuti perkuliahan Fisika Dasar II. Instrumen penelitian menggunakan 11 soal yang terdiri dari 9 soal pilihan ganda disertai alasan dan 2 soal uraian. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods sehingga data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif didasarkan pada statistik deskriptif uji beda skor pretest dan posttest N-gain dan effect size. Analisis kualitatif didasarkan pada alasan mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh bahwa skor penguasaan konsep siswa meningkat dari rata-rata 17 22 menjadi 51 55 (p 0 01) dengan effect size sebesar 2 16 (kategori kuat) dan N-gain sebesar 0 41 (kategori sedang). Pembelajaran multi representasi yang berperan besar dalam peningkatan pemahaman siswa tentang perambatan dan interferensi gelombang mekanik adalah mengamati visualisasi gelombang berjalan dan superposisi berbantuan excel dan kegiatan diskusi dalam menyelesaikan permasalahan menggunakan grafik dan diagram gelombang. Pem-belajaran multi representasi juga menambah pengalaman belajar mahasiswa. Peningkatan pemahaman yang dimiliki mahasiswa menunjukkan bahwa dapat mengatasi kesulitan-kesulitannya pada topik perambatan dan interferensi gelombang seperti menentukan besar dan arah gerak partikel dan gelombang dan menunjukkan hasil superposisi gelombang. Namun di sisi lain mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menentukan bentuk gelombang saat terjadi pemantulan dan pembiasan di titik sambungan tali. Hal ini disebabkan mahasiswa tidak memahami prinsip pemantulan gelombang pada ujung terikat dan bebas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59788

Actions (login required)

View Item View Item