Pengaruh e-scaffolding dalam Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dinamika partikel dengan kemampuan awal berbeda siswa di SMA / Akhmad Fauzul Albab - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh e-scaffolding dalam Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dinamika partikel dengan kemampuan awal berbeda siswa di SMA / Akhmad Fauzul Albab

Albab, Akhmad Fauzul (2015) Pengaruh e-scaffolding dalam Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dinamika partikel dengan kemampuan awal berbeda siswa di SMA / Akhmad Fauzul Albab. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Albab Akhmad Fauzul. 2015. PengaruhE-Scaffolding dalam Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dinamika Partikel Pada Kemampuan Awal Berbeda Siswa di SMA. Tesis. Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyono Koes H. M.Pd. M.A. (2) Dr.Siti Zulaikah M.Si Kata Kunci e-scaffolding think pair share kemampuan berpikir tingkat tinggi kemampuan awal. Pembelajaran saat ini menuntut pembelajaran yang dapat memfasilitasi siswa untuk berpartisipasi aktif membangun pengetahuannya sendiri. Pembelajaran seperti ini memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Namun problema yang dihadapi di sekolahsaat ini adalah bagaimana mendorong siswa untuk lebih mendayagunakan kemampuan berpikir tingkat tinggimereka melalui pembelajaran. Usaha yang dilakukan untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa menjadi lebih baik adalah dengan menerapkan pembelajaran e-scaffolding yang terintegrasi dalam TPS. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menganalisis perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa melalui pembelajaran berbasis e-learning yang terintegrasi dalam model pembelajaran kooperatif dalam bentuk E-Scaffolding dalam Think Pair Share terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa ditinjau dari perbedaan kemampuan awal siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Experiment (eksperimen semu). Adapun desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Faktorial dua factor. Pola rancangan penilitian ini mengikuti pola faktorial 3x2. Penelitian ini menggunakan sampel penelitian sebanyak 6 kelas yaitu 4 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling dari populasi sejumlah 7 kelas di SMA Negeri 1 Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran e-scaffolding dalam TPS dengan pembelajaran scaffolding dalam TPS maupun siswa dengan pembelajaran TPS (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi antara kelompok siswa yang mempunyai tingkat kemampuan awal berbeda (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara strategi e-scaffolding dalam TPS scaffolding dalam TPS dan TPS dan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.Beberapa saran dikemukaan berkenaan dengan hasil penelitian ini. Pertama sebagai upaya dalam mengeksplorasi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa peneliti mengharapkan adanya penelitian serupa untuk materi lain yang mempunyai karakteristik yang sama dengan materi yang peneliti gunakan.Kedua dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru bidang studi untuk menerapkan strategi ini di sekolah yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59786

Actions (login required)

View Item View Item