Media pertanyaan sikratik (MPS) untuk meningkatkan pemahaman konsep kalor dan suhu / Dyah Palupi Rohmiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Media pertanyaan sikratik (MPS) untuk meningkatkan pemahaman konsep kalor dan suhu / Dyah Palupi Rohmiati

Rohmiati, Dyah Palupi (2015) Media pertanyaan sikratik (MPS) untuk meningkatkan pemahaman konsep kalor dan suhu / Dyah Palupi Rohmiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rohmiati Dyah Palupi. 2015. Media Pertanyaan Sokratik (MPS) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kalor dan Suhu. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si. (II) Dr. Markus Diantoro M.Si. Kata Kunci media pertanyaan sokratik pemahaman konsep kalor dan suhu Konsep kalor dan suhu mendasari pemahaman terhadap konsep ilmiah lainnya sehingga mahasiswa harus memahami dengan baik. Masih terdapat pemahaman yang salah terkait konsep kalor dan suhu. Pemahaman yang salah perlu dibenahi karena pemahaman yang baik diperlukan dalam menyelesaikan masalah fisika. Salah satunya dengan memberikan konflik kognitif misalnya memberikan pertanyaan sokratik. Pertanyaan sokratik diduga dapat membantu mahasiswa meningkatkan pemahaman konsep kalor dan suhu. Pertanyaan sokratik diberikan dalam bentuk media flash. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pertanyaan sokratik (MPS) dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada konsep kalor dan suhu mengetahui penalaran yang muncul terkait konsep kalor dan suhu setelah menerima MPS dan mengetahui alur pemikiran yang digunakan mahasiswa dalam menyelesaikan MPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain embedded experimental model untuk menggali secara lengkap subjek penelitian. Subjek penelitian terdiri dari 27 mahasiswa tahun pertama pendidikan fisika Universitas Negeri Malang yang mengikuti perkuliahan fisika dasar II. Instrumen penelitian berupa tes konsep kalor dan suhu serta media pertanyaan sokratik. Data perubahan skor pretes-postes dianalisis secara kuantitatif dan data perubahan penalaran serta alur pemikiran dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata dari 32.04 ketika pretes menjadi 53.15 ketika postes (p 0 00) dengan effect size sebesar 1 17 (kategori kuat) dan N-gain sebesar 0 3 (kategori sedang). Kategori penalaran-penalaran yang muncul setelah penggunaan MPS antara lain (1) penalaran dalam konsep terkait perbandingan suhu adalah ilmiah prosedural dan tidak jelas (2) penalaran dalam konsep terkait suhu 0 C adalah prosedural dan tidak jelas (3) penalaran dalam konsep terkait skala Kelvin adalah ilmiah prosedural dan tidak jelas (4) penalaran dalam konsep terkait suhu 0 K adalah ilmiah dan prosedural (5) penalaran dalam konsep terkait perbedaan suhu 0 C dan 0 K adalah ilmiah dan tidak jelas dan (6) penalaran dalam konsep terkait Asas Black adalah ilmiah dan tidak jelas. Hasil rekam jejak alur jawaban mahasiswa dalam penggunaan MPS menunjukkan bahwa terdapat peru ba han alur berpikir baik pada topik suhu maupun Asas Black. Perubahan ditunjukkan pada saat penggunaan MPS terakhir kali lebih banyak mahasiswa yang memilih jawaban benar dibandingkan ketika pertama kali menggunakan MPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59785

Actions (login required)

View Item View Item