Pengaruh model pembelajaran Advance Organizer berbantuan Concept Maps terhadap penguasaan konsep suhu dan kalor ditinjau dari pengetahuan awal siswa / Hamidah Dian Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Advance Organizer berbantuan Concept Maps terhadap penguasaan konsep suhu dan kalor ditinjau dari pengetahuan awal siswa / Hamidah Dian Oktaviani

Oktaviani, Hamidah Dian (2015) Pengaruh model pembelajaran Advance Organizer berbantuan Concept Maps terhadap penguasaan konsep suhu dan kalor ditinjau dari pengetahuan awal siswa / Hamidah Dian Oktaviani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Oktaviani Hamidah Dian. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Concept Maps Terhadap Penguasaan Konsep Suhu dan Kalor Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyono Koes H M.Pd MA. (2) Dr. Siti Zulaikah S.Pd . MSi. Kata Kunci Advance organizer Concept Maps Penguasaan Konsep Pengetahuan Awal. Penguasaan konsep adalah aspek kunci dari pembelajaran fisika. Usaha perbaikan yang dilakukan untuk mengatasi kendala dalam mengembangkan penguasaan konsep siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran Advance Organizer berbantuan concept maps (peta konsep). Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Advance Organizer berbantuan concept maps (peta konsep) dan pengetahuan awal terhadap penguasaan konsep pada mata pelajaran fisika SMK. model pembelajaran Advance Organizer berbantuan concept maps (peta konsep) yang diterapkan dalam penelitian ini mengunakan sintaks yang terdiri atas tiga tahap dengan urutan 1) Presentasi Advance organizer 2) Presentasi tugas pembelajaran dan 3) Penguatan susunan kognitif.. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan faktorial. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Batu Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak enam kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan awal dan tes penguasaan konsep yang berbentuk pilihan ganda. Reliabilitas tes pengetahuan awal sebesar 0 826 dan tes penguasaan konsep sebesar 0 713. Data yang dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik Anava dua jalur 2x2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penguasaan konsep kelompok siswa yang belajar melalui model pembelajaran advance organizer berbantuan concept maps lebih tinggi daripada kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran inductive thinking model (2) Penguasaan konsep kelompok siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi lebih tinggi daripada kelompok siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah. (3) Tidak terdapat interaksi model pembelajaran dan pengetahuan awal siswa terhadap penguasaan konsep. Beberapa saran dikemukakan berkenaan dengan hasil penelitian ini. Pertama para guru Fisika disarankan untuk menggunakan model pembelajaran advance organizer berbantuan concept maps karena terbukti model ini mampu mengembangkan penguasaan konsep siswa. Kedua sekolah hendaknya mengukur pengetahuan awal siswa terlebih dahulu sebelum pembelajaran dimulai di awal semester untuk menentukan perlakuan pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59784

Actions (login required)

View Item View Item