Pengaruh pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap literasi sains siswa ditinjau dari kemampuan awal / Nomika Rizqiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap literasi sains siswa ditinjau dari kemampuan awal / Nomika Rizqiana

Rizqiana, Nomika (2015) Pengaruh pembelajaran fisika dengan model Problem Based Learning (PBL) terhadap literasi sains siswa ditinjau dari kemampuan awal / Nomika Rizqiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rizqiana Nomika. 2015. PengaruhPembelajaranFisikadengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadapLiterasiSainsSiswaDitinjaudariKemampuanAwal.Tesis. Program StudiPendidikanFisika PascasarjanaUniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. ArifHidayat M. Si. (2) Dr. SupriyonoKoes H. M. Pd. MA. Kata kunci kemampuanawal literasisains model problem based learning Pembelajaransains yang baikmerupakanpembelajaran yang dapatmeningkatkanpemahamandanliterasisains.Literasisainssiswa Indonesia yang rendahmenuntutpembelajaran yang mampumenciptakanlingkungan yang aktifyang dapatdigunakanuntukmelatihsiswadalammemahamidanmenguasaikonsepdalampembelajaran.Salah satu model pembelajaran yang mengedepankan proses sainsdanberbasispadamasalahadalahmodel problem based learning (PBL). Di dalam problem based learning (PBL)siswamemecahkansuatumasalahdi dalamkehidupansehari-harimelaluitahap-tahapmetodeilmiahsehinggasiswadapatmengetahuikaitankonsepfisikadenganpermasalahansehari-hari di dalamkehidupan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpembelajaranfisikadenganmodel problem based learning (PBL) terhadapliterasisainssiswaditinjaudarikemampuanawalsiswa. Penelitianinitermasukjenispenelitianquasi experimentdenganrancanganfaktorialduafaktor 2x2.Subjekpenelitianadalahsiswakelas X SMA Negeri 3 Malang.Pengambilansampeldilakukandenganmetodecluster random sampling sehinggadidapatkankelas X MIA 6 sebagaikelaseksperimenmenggunakan model PBLdankelasX MIA 4 sebagaikelaskontrolmenggunakan model CORE. Instrumen yang digunakandalampenelitianiniterdiriatasduainstrumen yaituinstrumenperlakuandanpengukuran.Instrumenpengukuranmeliputiteskemampuanawal tesliterasisains angketattitudesiswa danlembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran.Data dikumpulkanmelaluiteskemampuanawalsiswadanliterasisainssiswa yang telahdiujivaliditasdanreliabelitasnya.ReliabelitasAlpha Cronbachteskemampuanawaladalah 0 678 dantesliterasisainssiswaadalah 0 741.Ujiprasyaratnormalitasdanhomogenitasvariandilakukansebelumpengujianhipotesis. Data dianalisisdenganteknik ANAVA satujalurdengantarafsignifikan 945 0 05. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) terdapatperbedaanrerataliterasisainspadapembelajaranfisikadengan model PBLdan model CORE (2) terdapatperbedaanrerataliterasisainssiswapadasiswa yang memilikikemampuanawaltinggidanrendah (3) adainteraksiantarapembelajarandenganmodel PBLdan model CORE dengankemampuanawaltinggidanrendahsiswaterhadapliterasisainssiswa.Saran yang dapatdisampaikanantara lain (1) keterkaitanmasalahdenganmateri yang akandipelajarisangatmenentukanpemahamansiswa (2) hendaknya dilakukan penelitian lanjutan mengenai pengembangan instrumen literasi sains siswa dan bagaimana efektivitasnya pada materi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59782

Actions (login required)

View Item View Item