Rokhmana, Subqan Rizal (2015) Pembelajaran gerak harmonik berbantuan mixed experiment untuk meningkatkan penguasaan konsep dan melatih keterampilan ilmiah siswa / Subqan Rizal Rokhmana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Rokhmana Subqan Rizal. 2015. Pembelajaran Gerak Harmonik Berbantuan Mixed experiment Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Melatih Keterampilan Ilmiah Siswa. Tesis. Jurusan Pendidikan Fisika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Wartono M.Pd. (II) Dr.Sutopo M.Si. Kata kunci mixed experiment penguasaan konsep keterampilan ilmiah Penelitian ini dilatarbelakangi kurikulum 2013 yang menekankan pada keterampilan ilmiah dan penguasaan konsep setiap proses pembelajaran. Waktu yang terbatas mengakibatkan keterampilan ilmiah menjadi masalah untuk selalu dimunculkan setiap pertemuan pembelajaran selain penguasaan konsep siswa belum optimal. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlunya dilakukan penelitian tentang pembelajaran berbantuan mixed experiment. Mixed experiment adalah kombinasi antara eksperimen riil yang menjadikan siswa melakukan eksperimen sesungguhnya dan virtual interaktif yang membantu eksperimen dilakukan lebih cepat. Penelitian pembelajaran gerak harmonik berbantuan mixed experiment di SMAN 1 Tuban ini menggunakan desain penelitian one group pre test-post test design. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan keterampilan ilmiah siswa dan data kuantitatif digunakan untuk menganalisis penguasaan konsepnya. Temuan implementasi pembelajaran adalah kemampuan keterampilan ilmiah mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik dalam hal mengamati mencoba mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Kemampuan siswa menanya cenderung konstan dengan kategori sedang. Hal ini dikarenakan siswa belum terbiasa bertanya dalam proses pembelajaran. Penguasaan konsep siswa diperoleh N-gain 0 716 sehingga bisa diartikan penguasaan konsep siswa sangat baik tetapi kemampuan siswa masih kurang dalam menyelesaikan soal yang berhubungan dengan gambar/grafik. Respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran beserta perangkatnya secara umum siswa tertarik. Kendala yang ditemukan dalam pembelajaran tersebut diantaranya terlalu banyak jumlah siswa dalam satu kelas sehingga menyebabkan pembelajaran kurang efektif serta sulitnya mempertahankan minat belajar siswa dalam waktu yang lama. Melalui pembelajaran tersebut diharapkan memberikan manfaat bagi semua guru untuk merancang pembelajaran yang sesuai lebih lanjut. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran gerak harmonik berbantuan mixed experiment dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep dan melatih keterampilan ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59778 |
Actions (login required)
View Item |