Analisis pemahaman konsep gaya dan gerak siswa SMA melalui pemecahan masalah dengan scaffolding diagram benda terisolasi / Sri Nuryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis pemahaman konsep gaya dan gerak siswa SMA melalui pemecahan masalah dengan scaffolding diagram benda terisolasi / Sri Nuryani

Sri Nuryani (2015) Analisis pemahaman konsep gaya dan gerak siswa SMA melalui pemecahan masalah dengan scaffolding diagram benda terisolasi / Sri Nuryani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuryani S. 2015. Analisis Pemahaman Konsep Gaya dan Gerak Siswa SMA Melalui Pemecahan Masalah dengan Scaffolding Diagram Benda Terisolasi. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Dr. Sutopo M.Si. Keywords pemahaman konsep gaya dan gerak scaffolding diagram benda terisolasi Gaya dan gerak merupakan bagian dari mekanika dan sulit dipelajari siswa SMA. Dalam kurun waktu terakhir para ahli menyadari perlunya mengidentifikasi kelemahan pemahaman siswa terhadap konsep fisika agar dapat dikembangkan pembelajaran untuk mengatasi kelemahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah scaffolding diagram benda terisolasi membantu siswa SMA dalam memecahkan masalah berkait tentang hukum II Newton untuk percepatan nol. Penelitian ini menggunakan rancangan mixed methods dengan embedded eksperimental design. Subyek penelitian adalah 29 siswa SMAN 8 Malang kelas X IPA 1. Data penelitian diambil melalui tes yang disertai alasan pengamatan selama proses pembelajaran rekaman diskusi kelompok dan hasil kerja kelompok serta rekaman wawancara. Analisis dilakukan secara kuantitatif pada pilihan jawaban siswa melalui statistik deskriptif N-gain dan effect size. Analisis kualitatif dilakukan triangulasi terhadap data alasan jawaban siswa hasil pengamatan proses pembelajaran hasil kerja kelompok dan rekaman diskusinya serta hasil wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa scaffolding diagram benda terisolasi (DBT) dapat membantu siswa menyelesaikan permasalahan gaya dan gerak dengan beberapa indikator berikut. (1) Terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa dengan kategori sedang (N-gain 0 32) dan dengan efek kuat (effect size sebesar 1 02). (2) Terjadi perubahan pemahaman konsep ke arah sesuai sains walaupun beberapa siswa masih memiliki pemahaman belum sesuai prinsip sains. Pemahaman yang dimaksud adalah Pemahaman yang sudah sesuai sains yaitu pada benda diam atau bergerak dengan kecepatan konstan resultan gayanya nol. Pemahaman yang belum sesuai prinsip sains yaitu 1) gaya normal selalu sama dengan gaya berat dan gaya normal dan gaya berat adalah pasangan aksi-reaksi 2) pada benda yang bergerak selalu ada gaya searah gerak 3) Pada benda yang bergerak dengan kecepatan konstan bekerja gaya konstan. (3) Siswa yang memiliki pemahaman benar sesuai prinsip sains lebih banyak menyelesaikan permasalahan dengan membuat Diagram Benda Terisolasi (DBT) dan siswa yang memiliki pemahaman tidak sesuai prinsip sains lebih banyak menyelesaikan permasalahan dengan alasan verbal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59776

Actions (login required)

View Item View Item