Susilo (2015) Pengaruh pembelajaran multirepresentasi terhadap penguasaan konsep dan kemampuan representasi siswa pada materi pemantulan cahaya / Susilo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Susilo. 2015. Pengaruh Pembelajaran Multirepresentasi terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Representasi Siswa pada Materi Pemantulan Cahaya. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sutopo M.Si. (II) Nandang Mufti M.T. Ph.D. Kata kunci pembelajaran multirepresentasi penguasaan konsep kemampuan representasi. Banyak penelitian yang mengungkap kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang disajikan dalam bentuk gambar dan grafik. Di lain pihak siswa cenderung dapat menyelesaikan soal dengan representasi dalam bentuk verbal dan matematika. Untuk itu perlu pembelajaran yang dapat melatih siswa mampu menggali informasi dari representasi dan membangun representasi lain dengan benar. Salah satu pembelajaran yang cocok dengan tujuan tersebut adalah pembelajaran multirepresentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep dan perubahan representasi siswa. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan desain embedded experiment. Penelitian dilakukan pada kelas XI SMK Negeri 1 Kota Mojokerto tahun pelajaran 2014/2015. Data kuantitatif penguasaan konsep yang berupa skor hasil pretest dan post test dianalisis dengan t-test normalized gain dan effect size sedangkan analisis data kualitatif tentang penguasaan konsep meliputi reduksi penyajian dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif yang berupa perubahan jenis dan kualitas representasi diperoleh dari analisis representasi yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal dengan menggunakan rubrik pengkodean. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) terdapat peningkatan penguasaan konsep yang signifikan p 0 000. Rata-rata skor berubah dari 42 7 menjadi 77 3 dengan rata-rata n-gain score sebesar 0 6 dan nilai effect size sebesar 4 1. 2) terdapat perubahan jenis dan kualitas representasi. Persentase siswa yang membuat representasi dengan tiga model berubah dari 3 5% menjadi 47 4%. Kualitas masing-masing jenis representasi yang dibuat siswa pada pada pretest mayoritas dalam kategori inadequate sedangkan pada post test mayoritas dalam kategori adequate. Banyaknya representasi verbal pada kategori adequate meningkat dari 2 75% menjadi 50% sedangkan representasi matematika meningkat dari 0% menjadi 45 7% dan representasi gambar meningkat dari 4% menjadi 34 3%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59775 |
Actions (login required)
View Item |