Pengaruh strategi Predict-Observe-Discuss-Explain-Write (PODEW) terhadap perubahan konseptual siswa kelas X SMAN 7 Banjarmasin pada materi kalor / Lutfiyanti Fitriah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi Predict-Observe-Discuss-Explain-Write (PODEW) terhadap perubahan konseptual siswa kelas X SMAN 7 Banjarmasin pada materi kalor / Lutfiyanti Fitriah

Fitriah, Lutfiyanti (2015) Pengaruh strategi Predict-Observe-Discuss-Explain-Write (PODEW) terhadap perubahan konseptual siswa kelas X SMAN 7 Banjarmasin pada materi kalor / Lutfiyanti Fitriah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriah Lutfiyanti. 2015.Pengaruh Strategi Predict-Observe-Discuss-Explain-Write (PODEW) terhadap Perubahan Konseptual Siswa Kelas X SMAN 7 Banjarmasin pada Materi Kalor. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. LiaYuliati M. Pd. (II) Dr. EnyLatifah M. Si. Kata kunci Strategi PODEW miskonsepsi perubahan konseptual Pemahaman konsep yang benar merupakan salah satu syarat untuk mencapai keberhasilan belajar fisika. Salah satu materi ajar fisika yang perlu dipahami dengan baik adalah kalor. Pemahaman konsep akan menjadi lebih baik apabila siswa mengalami suatu perubahan konseptual baik pembetulan miskonsepsi maupun perluasan konsep. Strategi pembelajaran yang bisa menyebabkan siswa mengalami perubahan konseptual adalah strategi Predict-Observe-Discuss-Explain-Write (PODEW). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui miskonsepsi perubahankonseptual dan pengaruh strategi PODEW terhadap perubahan konseptual siswa pada materi kalor. Penelitian ini menggunakan rancangan mixed method model embedded experimental. Subjek penelitian ini adalah kelas X MIA 1 SMAN 7 Banjarmasin yang terdiri dari 34 orang siswa pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Kelas ini dipilih secara cluster random sampling. Instrumen penelitian terdiri atas silabus RPP LKS soal tes konseptual kalor dan kuis. Data dianalisis secara kuantitatif yaitu dengan menggunakan uji-t berpasangan dan N-gain. Data dianalisis pula secara kualitatif yaitu melalui tahap reduksi data pengodean penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan miskonsepsi pada materi kalor. Miskonsepi tersebut terdapat pada subtopik suhu pemuaian hubungan kalor dengan suhu dan wujud benda asas Black dan perpindahan kalor.Selain itu hasil analisis data menunjukkan siswa mengalami perubahan konseptual setelah strategi PODEW diterapkan. Perubahan konseptual tersebut berupa pembetulan miskonsepsi dan perluasan konsep. Siswa mengalami perubahan konseptual seiring diterapkannya lima tahap pembelajaran yaitu predict observe discuss explain and write.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59774

Actions (login required)

View Item View Item