Pengembangan model asesmen formatif berbantuan clickers untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa pada materi hukum Newton / Triyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model asesmen formatif berbantuan clickers untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa pada materi hukum Newton / Triyono

Triyono (2015) Pengembangan model asesmen formatif berbantuan clickers untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa pada materi hukum Newton / Triyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Triyono.2015.Pengembangan ModelAsesmenFormatifBerbantuanClickers untukMeningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa pada Materi Hukum Newton. Tesis Program Studi PendidikanFisika Program Pascasarjana Universitas NegeriMalang.Pembimbing (I)Dr. SentotKusairi M.Si. (II) Nandang Mufti M.T. Ph.D. KataKunci penilaianformatif modelasesmen formatif berbantuan clickers audience response system Hukum Newton Asesmen merupakansalahsatubagianpenting dalam pelaksanaan pembelajaran.Berdasarkan fungsinya salahsatujenis asesmenadalahasesmenformatif.Asesmenformatifdigunakanuntukmembantuguru dan siswa dalam mencapaitujuanpembelajaranmelaluiumpanbalik yang cepat dan efektif. Umpan balik yang tepat waktu dan langsung dari guru memberikan dampak yang bermakna dan mendalam bagi siswa. Proses asesmenmembutuhkanwaktuyanglamasehingga menimbulkan kesulitanbagi guru.Diperlukan penggunaanperangkat teknologi infomasi dalam mengatasi kesulitan guru. Penelitianinidilakukandengantujuan mengembangkanmodelasesmenformatifberbantuanclickers untukmeningkatkan pemahaman konsep fisika siswa pada materi Hukum Newton danmendeskripsikan kelayakanserta efektivitasnya. Penelitianinimerupakanjenispenelitiandanpengembangan.Rancangan pengembanganmeliputilimatahap yangdiadaptasidarilangkah-langkahmenurutSukmadinata.Langkah-langkahpenelitianmeliputistudipendahuluan perancanganmodelasesmenformatif pengembangandrafmodelasesmenformatifberbantuanclickers ujicoba dan revisiprodukakhir.Validasiinstrumen dilakukanolehahli asesmen ahli media dan ahli materi. InstrumenmenggunakanangketdenganskalaLikertsertalembarkomentardansaran.Datakuantitatifberupaskorpenilaiandariangket sedangkandatakualitatifberupakomentardansarandarivalidator. Data uji coba produk diperoleh dari angket respon siswa dan hasil skor pretest-posttest. Data kuantitatif yang berupa skor hasil pretest dan posttest dianalisis dengan t-test dan gain ternormalisasi. Produkakhirpenelitianiniadalahmodel asesmenformatif berbantuan clickersdan buku petunjuk asesmen formatif untuk guru dan siswa.Hasil penilaian validasi produk diperoleh rata-rata persentase sebesar 86 10 %dan respon siswa memberi tanggapan positif. Rata-rata skor kelas eksperimen berubah dari 39 75 menjadi 72 75 dan n-gain score sebesar 0 55. Rata-rata skor kelas kontrol berubah dari 37 79 menjadi 54 55 dan n-gain score sebesar 0 28. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan yaitu (1) produk yang dikembangkan layak untuk digunakan guru dan siswa dalam pelaksanaan asesmen formatif (2)penggunaan clickers dapat meningkatkan motivasi siswa dan sikap kejujurannya (3) terdapat peningkatan pemahaman konsep pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Disarankan bagi pengguna untuk memanfaatkan clickers dalam mengeksplorasi kemampuan siswa baik profil kelas maupun profil individu siswa lebih detail danbagi peneliti lain untuk dikembangkan pada materi lain dengan three-tier test soal pilihan ganda beralasandalam mengungkap kemampuan siswa apakah mengerti atau paham konsep miskonsepsi belum paham atau menebak dari materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 12 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59773

Actions (login required)

View Item View Item