Pengembangan bahan ajar kontekstual terintegrasi materi optik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Paket Keahlian TP3TV / Abdur Rasid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar kontekstual terintegrasi materi optik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Paket Keahlian TP3TV / Abdur Rasid

Abdur, Rasid (2015) Pengembangan bahan ajar kontekstual terintegrasi materi optik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Paket Keahlian TP3TV / Abdur Rasid. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rasid Abdur. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Kontekstual Terintegrasi Materi Optik untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMK Paket Keahlian TP3Tv. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhardjito M.S. (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci bahan ajar kontekstual terintegrasi prestasi belajar. Bahan ajar di SMK harus memiliki pola yang spesifik. Masing-masing paket keahlian di SMK memiliki karakteristik yang berbeda sehingga bahan ajar yang digunakan harus sesuai dengan paket keahlian.Bahan ajar yang diawali dengan permasalahan-permasalahan yang kotekstual akan mampu merangsang minat baca siswa terhadap bahan ajar. Selanjutnya minat siswa akan meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan menguji bahan ajar kontekstual terintegrasi materi optik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK paket keahlian TP3Tv. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada langkah penelitian pengembangan oleh Sukmadinata yang terdiri atas3 tahapan yaitu studi pendahuluan pengembangan dan pengujian. Studi kepustakaan dan survei lapangan dilakukan pada tahap pendahuluan. Validasi ahli penilaian dari guru fisika serta uji keterbacaan dan ketertarikan bahan ajar oleh siswa SMK diperoleh pada tahap pengembangan. Tahap pengujian menggunakan desain posttest only control group melibatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing terdiri atas 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial parametrik uji t-test dan gain score.Hasil perhitungan uji-t terhadap nilai tes prestasi belajar siswa menunjukkan nilai t 3 262 pada signifikansi p 0 02 yang menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan juga dilihat dari rerata nilai prestasi belajar kelas eksperimen 74 75yang lebih tinggi dari rerata nilai prestasi belajar kelas kontrol sebesar 68 75. Gain score kelas eksperimen 0 34 lebih tinggi dari gain score kelas kontrol 0 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk bahan ajar kontekstual terintegrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Karakteristik bahan ajar yang dihasilkan adalah menyajikan permasalahan-permasalahanyang kontekstual dengan paket keahlian TP3Tv dan mengintegrasikan tiga kompetensi dasar mata pelajaranfotografi ke dalam mata pelajaran fisika dengan model keterpaduan Nested. Kelebihan bahan ajar adalah materi yang dipaparkan sesuai dengan karakteristik paket keahlian sehingga seolah-olah siswa membaca buku mata pelajaran produktif yang disukai. Kekurangan produk adalah tidak semua kegiatan dalam bahan ajar dapat dilakukan karena harus disesuaikan dengan sarana dan prasarana yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59770

Actions (login required)

View Item View Item