Anissa, Issi (2015) Pemecahan masalah dinamika partikel melalui strategi problem solving - conflict map untuk menganalisis perubahan konseptual siswa / Issi Anissa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anissa Issi. 2015. Pemecahan Masalah Dinamika Partikel Melalui Strategi Problem solving-Conflict map untuk Menganalisis Perubahan Konseptual Siswa. Tesis. Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci Problem solving - Conflict map perubahan konseptual pemecahan masalah Tuntutan untuk menjadikan siswa mampu memecahkan masalah dengan baik telah menjadi tema sentral dalam pembelajaran fisika. Pemecahan masalah menjadi aspek penting dalam pembelajaran karena berhubungan dengan kemampuan menerapkan konsep yang telah diperoleh dan wahana mengkonstruk pengetahuan baru. Strategi Problem solving-Conflict map membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir dalam memecahkan masalah dan menganalisis perubahan konseptual. Penggunaan Conflict map membawa perubahan konseptual karena membantu siswa dalam konsistensi pemahaman antara kerangka konseptual yang telah dimiliki dengan informasi baru yang didapatkan untuk mencari konsepsi ilmiah yang benar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemecahan masalah dan menganalisis perubahan konseptual siswa pada konsep Dinamika partikel. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan embedded experimental design dan dilakukan pada kelas X MIA F SMAN 1 Probolinggo tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi instrumen perlakuan berupa RPP dan LKS serta instrumen pengukuran meliputi tes pemecahan masalah pedoman wawancara dan lembar angket persepsi siswa pada pembelajaran. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan uji Paired sampled t test. Data kualitatif disajikan secara deskriptif terhadap respon jawaban siswa pada tes pemecahan masalah dan hasil Conflict map siswa. Wawancara dan angket dilakukan untuk mengevaluasi pembelajaran dan mengidentifikasi perubahan konseptual yang dialami siswa. Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan Problem solving-Conflict map. Rata-rata sekor pemecahan masalah berubah dari 46 25 menjadi 72 2) Terdapat peningkatan level kemampuan pemecahan siswa setelah pembelajaran berlangsung yang dianalisis dengan taksonomi SOLO (Structured of Learning Outcomes). Siswa mengalami peningkatan dari level unistruktural menjadi level multistrutural dan relasional 3) Terdapat perubahan konseptual siswa dari pemahaman pada konsep yang salah menjadi konsep ilmiah yang benar dalam konsep Dinamika partikel setelah pembelajaran dengan Problem Solving-Conflict map.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |