Marsuki (2015) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis lingkungan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMA / Marsuki. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Marsuki. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. LiaYuliati M.Pd (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. Kata kunci pengembangan bahan ajar fisika prestasi belajar. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu menghasilkan bahan ajar fisika berbasis lingkungan dan mengetahui efektifitas bahan ajar fisika berbasis lingkungan terhadap prestasi belajar siswa SMA. Metode penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan R D (Research and Development) yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap pendahuluan tahap pengembangan dan tahap pengujian. Tahap pendahuluan dilakukan studi literatur berupa jurnal penelitian ilmiah dan dokumen kurikulum dan mengkaji informasi karakteristik pengembangan bahan ajar yang ada. Tahap pengembangan terdiri dari analisis KI-KD penyusunan draft bahan ajar validasi ahli revisi awal draft bahan ajar selanjutnya dilakukan uji coba keterbacaan pengguna guru fisika dan siswa kelompok kecil. Berdasarkan hasil uji coba keterbacaan pengguna dilakukan revisi kedua. Tahap uji coba lapangan dilakukan di SMA Negeri 1 Prajekan dengan desain penelitian posttest only group design. Uji efektivitas dilakukan dengan membandingkan prestasi belajar siswa antara kelas yang menggunakan pengembangan bahan ajar fisika berbasis lingkungan dan kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar fisika dari sekolah. Diakhir kegiatan pembelajaran prestasi belajar siswa antara kedua kelas dibandingkan dengan menggunakan uji t-tes. Hasil penelitian pengembangan ini berupa buku siswa dan buku guru yang layak digunakan sebagai bahan ajar fisika berbasis lingkungan. Karakteristik pengembangan bahan ajar ini adalah (1) mengkaji permasalahan lingkungan yang dapat digunakan di sekolah adiwiyata dan pelaksana kurikulum 2013 (2) didesain dengan pembelajaran aktif seperti eksperimen game aksi dan diskusi (3) kegiatan siswa dirancang dengan alat dan bahan yang mudah didapatkan. Pengembangan materi fisika dalam bahan ajar ini terbatas pada fluida statis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Apr 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59768 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |