Efektivitas model problem based learning berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X SMAN 1 Kertosono / Agus Hariyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model problem based learning berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X SMAN 1 Kertosono / Agus Hariyanto

Hariyanto, Agus (2015) Efektivitas model problem based learning berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X SMAN 1 Kertosono / Agus Hariyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hariyanto Agus. 2015. Efektifitas Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Map Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Secara Kreatif Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X SMAN 1 Kertosono. Tesis. Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wartono M.Pd. (2) Nandang Mufti MT. Ph.D. Kata kunci Problem Based Learning Mind Map Kemampuan Pemecahan Masalah fisika Secara Kreatif Kemampuan Awal Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas model PBL berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif ditinjau dari kemampuan awal siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kertosono yang terdiri atas 32 siswa setiap kelas. Selanjutnya dilakukan pemilihan kelas ditetapkan sehingga didapatkan tiga kelas eksperimen untuk diterapkan pembelajaran dengan model PBL berbantuan mind map dan tiga kelas kontrol untuk diterapkan pembelajaran PBL. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen pengumpulan data yaitu data kemampuan awal diperoleh dari hasil skor UTS materi sebelum diberi perlakuan dan instrumen kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif serta instrumen perlakuan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi Hukum Newton dan Gerak melingkar. Uji prasyarat normalitas data dan homogenitas varian dilakukan sebelum pengujian hipotesis. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas varian menggunakan uji Bartlett. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif yang belajar dengan model PBL berbantuan mind map lebih tinggi dibandingkan pembelajaran PBL (2) Terdapat interaksi interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif (3) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif siswa yang belajar dengan pembelajaran model PBL berbantuan mind map lebih tinggi dibandingkan pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi (4) Kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif siswa yang belajar dengan pembelajaran model PBL berbantuan mind map lebih tinggi dibandingkan pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah (5) Model PBL berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif lebih efektif dibandingkan pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi (6) Model PBL berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif lebih efektif dibandingkan pembelajaran PBL untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah (7) Model PBL berbantuan mind map terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika secara kreatif lebih efektif dibandingkan pembelajaran PBL. Penelti menyarankan bahwa (1) sebagai tenaga pendidik harus dapat memberikan nuansa belajar yang interaktif dengan model PBL berbantuan mind map (2) pembelajaran perlu memperhatikan psikologi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59766

Actions (login required)

View Item View Item