Rosanti, Dian Farida (2015) Pengaruh strategi learning cycle 5E disertai link map terhadap penguasaan konsep fisika dan keterampilan proses sains siswa SMA / Dian Farida Rosanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rosanti Dian Farida. 2014. Pengaruh Strategi Learning Cycle 5E disertai Link Map terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Pd. Kata kunci learning cycle 5E link map keterampilan proses sains penguasaan konsep Fisika. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa learning cycle 5E dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa. Namun secara empiris pada pelaksanaannya diperoleh informasi bahwa pembelajaran learning cycle 5E memiliki kelemahan dimana siswa masih kesulitan dalam mengaitkan antar konsep. Oleh karena itu penelitian ini menyertakan link map dalam pembelajaran learning cycle 5E untuk memudahkan siswa dalam mengaitkan antar konsep yang telah dipelajari. Melalui pembelajaran learning cycle 5E disertai link map akan dilihat pengaruhnya terhadap penguasaan konsep Fisika dan keterampilan proses sains siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan rancangan posttest only control group design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang belajar dengan menggunakan strategi learning cycle 5E disertai link map dan kelas kontrol adalah kelas yang belajar dengan menggunakan strategi learning cycle 5E. Data penguasaan konsep diukur di akhir penelitian dengan soal pilihan ganda. Data keterampilan proses sains diukur melalui dua tahap yaitu selama proses pembelajaran dan pada postest eksperimen dengan menggunakan lembar observasi pembelajaran dan rubrik keterampilan proses sains. Data dianalisis dengan menggunakan one way manova. Sementara itu pengaruh pembelajaran diuji dengan uji Tukey. 12288 12288 12288 12288 Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep Fisika dan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar dengan learning cycle 5E disertai link map dan siswa yang belajar dengan learning cycle 5E. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan learning cycle 5E disertai link map mempunyai penguasaan konsep Fisika dan keterampilan proses sains lebih baik daripada siswa yang belajar dengan learning cycle 5E. Saran yang dapat diberikan adalah guru harusnya menilai keterampilan proses sains dengan tulis dan non-tulis (observasi) serta memberikan contoh terlebih dahulu kepada siswa bagaimana link map yang benar sebelum meminta siswa membuat link map.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59764 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |