Pengembangan tes diagnostik untuk memetakan model mental siswa kelas X SLTA pada materi suhu dan kalor / Amrizaldi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan tes diagnostik untuk memetakan model mental siswa kelas X SLTA pada materi suhu dan kalor / Amrizaldi

Amrizaldi (2015) Pengembangan tes diagnostik untuk memetakan model mental siswa kelas X SLTA pada materi suhu dan kalor / Amrizaldi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amrizaldi.2014. PengembanganTesDiagnostikuntukMemetakan Model Mental Siswa SLTAKelas X MateriSuhudanKalor.Tesis Program StudiPendidikanFisika. PascasarjanaUniversitasNegeri Malang.Pembimbing (1) Dr. Markus Diantoro M.Si. (2) Dr. Wartono M.Pd. Kata Kunci TesDiagnostik Model Mental SuhudanKalor Model mental seseorangtidakmudahuntukdiketahuikarena model mental merupakanrepresentasipribadi yang unikpadasetiapindividu.Selainitu model mental bersifatlabil tidakkonsisten danselaluberubahketikalebihbanyakinformasi yang diperolehatauinformasi yang diingatkembali. Hal lain yang membuat model mental siswasulituntukdiinvestigasiadalahkarenasiswasulituntukmengekspresikan model mentalnyakepadapeneliti. Olehkarenaituuntukmengetahui model mental siswadibutuhkansuatucara yang tepatdan optimal. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengembangkandanmendeskripsikankelayakaninstrumenpenilaiandalambentuktesdiagnostikuntukmemetakan model mental siswa. Penelitianinimerupakanpenelitiandanpengembangan yang menggunakanmetode Borg Gall.Instrumenpenelitian yang digunakanberupaangketpenilaianprodukoleh validator angketresponsiswa angketrespon guru dantesdiagnostik model mental berbentuktesuraian.Pengumpulan data dilakukanmelaluiwawancara tesdiagnostik model mental angketdari validator gurudansiswa.Studilapangandilakukanuntukmengetahuikebutuhancalonpenggunauntukmenyusundesaindanspesifikasiproduk yang disesuaikandengankajianpustaka.Tesdiagnostik model mental dianalisisberdasarkanhasilvalidasiisi yang diperolehdariangketvalidasiuntuk validator.HasilvalidasitersebutdianalisismenggunakanskalaLikertdan model mental siswadipetakanmenjadi 3 tipeyaituSurface (S) Matching (M) danDeep (D). Hasilujivalidasiprodukmenunjukkanbahwatesdiagnostik model mental sudahlayakdigunakan. Hal inidapatdiketahuidarihasilujikelayakansemuabutirsoal yangsudahmelampauiskor minimumyang dipersyaratkan yaitu3 26dari skormaksimum 4untuktiapbutirsoal. Produkpengembanganinimemilikikelebihandankekurangan.Kelebihantersebutantaralaindapatmengetahuitingkatpemahamansiswalebihdalamterhadapmateri yang telahdipelajaridandapatmembantu guru mengembangkaninstrumenpenilaian yang inovatif. Produkpengembanganinimasih memiliki kekurangan lain kualitaswarnagambardaribeberapabutirsoaltesdiagnostik model mental belumbaik. Sebelumtesinidigunakansebaiknyasiswatelahmempelajarimaterisuhudankalorsecaramendalam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59763

Actions (login required)

View Item View Item