Pengaruh pembelajaran problem solving berbantuan PhET terhadap pengusaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 8 Mataram / M. Abdurrahman Sunni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran problem solving berbantuan PhET terhadap pengusaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 8 Mataram / M. Abdurrahman Sunni

Sunni, M. Abdurrahman (2014) Pengaruh pembelajaran problem solving berbantuan PhET terhadap pengusaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 8 Mataram / M. Abdurrahman Sunni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sunni M. Abdurrahman. 2014. Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Berbantuan PhET terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMAN 8 Mataram. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M.Pd. (II) Dr. Markus Diantoro M.Si Kata kunci problem solving PhET penguasaan konsep kemampuan berpikir kritis. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran fisika diarahkan agar siswa terlibat aktif dalam mencari tahu dan berbuat. Dengan keterlibatan siswa secara aktif diharapkan dapat menguasai materi pelajaran dengan baik. Siswa yang aktif akan mudah menerapkan pengetahuannya dalam memecahkan setiap masalah. Sejauh ini belum ditemukan laporan penelitian yang mengkaji keunggulan problem solving berbantuan PhET dalam pendidikan fisika. Pembelajaran problem solving merupakan pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah secara ilmiah. Penggunaan problem solving membutuhkan media yang mampu meningkatkan motivasi dan aktivitas siswa untuk dapat melaksanakan pembelajaran dengan penuh semangat dan menyenangkan. Media simulasi PhET merupakan alternatif yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem solving berbantuan PhET pembelajarn problem solving dan pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan posttest only design. Pengambilan data dilakukan dengan tes penguasaan konsep sebanyak 20 soal dan tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 5 soal setelah diberikan perlakuan pada 3 kelompok kelas yang terdiri dari 180 siswa. Kelompok pertama adalah siswa yang belajar dengan pembelajaran problem solving berbantuan PhET kelompok kedua adalah siswa yang belajar dengan pembelajaran problem solving dan kelompok ketiga adalah siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Sebelum diberikan perlakuan dan pengambilan data instrumen penelitian yang digunakan telah melalui uji ahli dan uji coba. Teknik analisis data menggunakan uji Manova satu jalur dilanjutkan dengan uji Tukey. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan pembelajaran problem solving berbantuan PhET pembelajaran problem solving dan pembelajaran konvensional. Perbedaan ini disebabkan adanya proses pembelajaran yang berbeda antara ketiga kelompok kelas. Penguasaan konsep siswa yang menggunakan pembelajaran problem solving berbantuan PhET lebih tinggi dari siswa yang menggunakan pembelajaran problem solving dan pembelajaran konvensional. Selain itu kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan pembelajaran problem solving berbantuan PhET lebih tinggi dari siswa yang menggunakan pembelajaran problem solving dan pembelajaran konvensional. Hasil ini diperoleh karena pada pembelajaran problem solving berbantuan PhET siswa diasah kemampuan berpikir kritisnya melalui penyajian gejala fisika dalam kehidupan sehari-hari dan dikembangkan penguasaan konsep siswa melalui kegiatan eksperimen di laboratorium riil dan simulasi PhET.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59761

Actions (login required)

View Item View Item