Pengaruh desain aktivitas laboratorium inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 7 Mataram / Intan Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh desain aktivitas laboratorium inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 7 Mataram / Intan Kusuma Wardani

Wardani, Intan Kusuma (2014) Pengaruh desain aktivitas laboratorium inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 7 Mataram / Intan Kusuma Wardani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wardani Intan Kusuma. 2014. Pengaruh Desain Aktivitas Laboratorium Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Mataram. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S. (II) Prof. Arif Hidayat M. Si Ph.D Kata kunci laboratorium inkuiri terbimbing penguasaan konsep fisika keterampilan proses sains. 12288 12288 12288 12288 Perkembangan IPTEK yang pesat menuntut perubahan dalam dunia pendidikan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mampu bersaing bebas dan memiliki ketangguhan dalam memahami konsep fisika dan melatih keterampilan proses sains. Untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat memenuhi tuntutan tersebut salah satunya adalah model pembelajaran dengan kegiatan laboratorium inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa melalui pembelajaran dengan kegiatan laboratorium inkuiri terbimbing pada pokok bahasan fluida statis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika dan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar dengan laboratorium inkuiri terbimbing dan laboratorium verifikasi mengetahui penguasaan konsep fisika dan keterampilan proses sains siswa yang lebih tinggi antara siswa yang belajar dengan laboratorium inkuiri terbimbing dan laboratorium verifikasi. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen dengan dua sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang belajar dengan menggunakan laboratorium inkuiri terbimbing dan kelas kontrol adalah kelas yang belajar dengan menggunakan laboratorium verifikasi. Data penguasaan konsep diukur di akhir penelitian dengan soal pilihan ganda. Data keterampilan proses sains diukur selama proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi pembelajaran dan rubrik keterampilan proses sains. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI-IPA SMA Negeri 7 Mataram pada semester genap tahun ajaran 2013/2014. Sampel dipilih secara acak. Kelas XI-IPA 1 terpilih sebagai kelas kontrol dan kelas XI-IPA 5 terpilih sebagai kelas eksperimen. Data dianalisis dengan menggunakan multivariate of anova. Pengaruh pembelajaran diuji dengan uji Tukey. 12288 12288 12288 12288 Analisis data dilakukan dengan menggunakan multivariate of anova yang didahului dengan uji normalitas dan homogenitas. Setelah dianalisis menunjukkan bahwa setelah proses belajar mengajar berlangsung kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan kegiatan laboratorium inkuiri terbimbing memiliki kemampuan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran dengan kegiatan laboratorium verifikasi. Pada kelas eksperimen terjadi peningkatan secara signifikan pada semua aspek yang diteliti. Siswa merespon positip terhadap model pembelajaran yang digunakan. Sebagian besar siswa mengharapkan model pembelajaran seperti ini dapat diterapkan pada mata pelajaran lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59760

Actions (login required)

View Item View Item