Kemenarikan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di sekol;ah dasar wilayah Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang / Fahrur Rozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kemenarikan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di sekol;ah dasar wilayah Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang / Fahrur Rozi

Rozi, Fahrur (2015) Kemenarikan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di sekol;ah dasar wilayah Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang / Fahrur Rozi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rozi Fahrur. 2015. Kemenarikan PelaksanaanPembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah DasarWilayah Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Tumardi S.Pd. M.Pd (II) Drs. Suhartono S.Pd. M.Pd. Kata Kunci pelaksanaan pembelajaran tematikterpadu kemenarikan pembelajaran. Pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di sekolah dasar sangat penting karena pembelajaran menggunakan prinsip pembelajaran terpadu. Pembelajaran tematik terpadu menekankan pada keterlibatan siswa secara aktif baik secara fisik dan mental dalam pembelajaran sehari-hari.Berdasarkan hasil observasi awal di SDN Bodang 01 pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu masih nampak pemisahan antar muatan pelajaran pelaksanaan pembelajaran kurang menumbuhkan pengetahuan siswa terhadap materi yang disampaikan dan pembelajaran belum mampu menumbuhkan keceriaan serta motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar wilayah Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang (2)kemenarikan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar wilayah Kecamatan Lumajang Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan yaitu tentang pelaksanaan dan kemenarikan pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang bersumber dari observasi wawancara dan dokumentasi. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ditemukan bahwamulai dari apersepsi dan motivasi penyampaian kompetensi penerapan pembelajaran tematik terpadu dan pendekatan saintifik pemanfataan sumber dan media pelibatan siswa penggunaan bahasa dan kegiatan penutup sudah dilakukan guru dalam pembelajaran. Kemenarikan nampak pada aktivitas siswa seperti keberanian mengajukan pertanyaan keberanian menyampaikan ide/gagasan keinginan lebih lama memperhatikan penjelasan guru keinginan mengerjakan tugas keuletan menghadapi kesulitan kepedulian terhadap teman yang belum berhasil serta kesediaan mencari dan menyediakan sumber belajar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu sudah berjalan sesuai dengan mekanisme dalam kurikulum 2013. Kemenarikanpelaksanaan pembelajaran sudah nampak menarik bagi siswa. Namun masih ditemukan siswa masih kurang memiliki keinginan untuk berbuat dan menghasilkan lebih serta masih belum memiliki keberanian dalam memilih cara kerja yang berbeda.Hendaknya guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu disesuaikan dengan ketentuan yang ada dalam kurikulum. Sehingga pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan lebih menarik bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5976

Actions (login required)

View Item View Item