Pengembangan bahan ajar CAI IPA dengan pendekatan intergraftive learning untuk meningkatkan hasil belajar di SMP Negeri 2 Singosari/ Tutik Setyowati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar CAI IPA dengan pendekatan intergraftive learning untuk meningkatkan hasil belajar di SMP Negeri 2 Singosari/ Tutik Setyowati

Setyowati, Tutik (2014) Pengembangan bahan ajar CAI IPA dengan pendekatan intergraftive learning untuk meningkatkan hasil belajar di SMP Negeri 2 Singosari/ Tutik Setyowati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Setyowati Tutik. 2014. Pengembangan Bahan Ajar CAI IPA dengan Pendekatan Integrative Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 2 Singosari. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Dr. Sutopo M.Si Kata Kunci CAI integrative learning Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi yang berkembang begitu pesat pada era globalisasi membawa perubahan pada setiap aspek kehidupan termasuk pada sistem pendidikan dan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran peran multimedia sangat besar karena multimedia menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil maksimal. Untuk itu diperlukan terobosan dan inovasi baru dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru dengan memanfaatkan multimedia sebagai alat bantu dalam menyampaikan materi ajar. Salah satu bahan ajar multimedia tersebut adalah Computer Assisted Instuction (CAI). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan bahan ajar CAI IPA dengan pendekatan integrative learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA (2) mengetahui effektivitas bahan ajar berbantuan computer (CAI) IPA untuk dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Jenis penelitiannya adalah penelitian dan pengembangan yang dikembangkan oleh Sukmadinata. Secara garis besar langkah penelitian dan pengembangan yaitu 1) Studi Pendahuluan 2) Pengembangan Produkl dan 3) Uji Produk. Uji coba produk dalam penelitian ini dilaksanakan melalui empat tahap yaitu 1) review ahli materi 2) review ahli media 3) uji coba kelompok kecil dan 5) uji lapangan. Data pengembangan terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari masukan dan saran untuk perbaikan materi bahan ajar diberikan oleh para validator dari dosen dan guru. Data kualitatif diambil dari instrumen yang diberikan kepada ahli materi ahli media dan keterbacaan bahan ajar oleh siswa. Data kuantitatif adalah hasil tes belajar siswa sebanyak 72 siswa. Analisis data menggunakan uji t dan melihat dampaknya menggunakan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk bahan ajar CAI IPA dengan pendekatan Integrative Learning ini sangat layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran di SMP dengan capaian nilai validator materi sebesar 3 81 (92 15%) capaian nilai validator media sebesar 3 65 (90 6%) dan dari siswa sebesar 3 31 (82 46%). Uji efektivitas produk pengembangan bahan ajar CAI IPA di SMP dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 75 42 sedangan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 60 54. Setelah dilakukan Uji t (t-test) taraf signifikansi 0 05 diperoleh t_hitung sebesar 5 794 t_tabel sebesar 1 99 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar siswa yang menggunaan bahan ajar CAI IPA dibandingkan dengan hasil belajar siswa secara konvensional. Kekuatan penelitian ini adalah bahan ajar CAI IPA yang dikembangkan lebih effektif dan effisien dalam waktu yang sama siswa akan belajar lebih cepat menguasai materi dan mengingat lebih banyak dari apa yang sudah dipelajari. Kelemahannya adalah diperlukan dukungan software dan hardware yang memadai untuk menggunakannya dan menghasilkan produk dengan kualitas baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59756

Actions (login required)

View Item View Item