Lusiati, Uci (2014) Pengaruh the 5E learning cycle model terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan bernalar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang / Uci Lusiati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lusiati Uci 2014. Pengaruh The 5E Learning Cycle model terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Bernalar Siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S (2) Nandang Mufti M.T Ph.D. Kata Kunci keterampilan proses sains kemampuan bernalar siklus belajar (The 5E learning cycle. 12288 12288 12288 12288 Pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan kualitas guru dalam mengajar. Keberhasilan proses pembelajaran tidak diukur dari penguasaan materi pelajaran. Materi pelajaran yang dikuasai siswa dapat membentuk pola perilaku siswa itu sendiri. Penguasaan materi fisika membutuhkan kemampuan kognitif psikomotor yang ditunjukan dengan kemampuan bernalar dan keterampilan prooses sains. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan bernalar dan ketermpilan proses sains adalah model the 5E learning cycle. Tujuan penelitian ini adalah mengukur pengaruh The 5E Learning Cycle model terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan bernalar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Kuasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang yang terdiri dari kelas VIII.1 sampai dengan VIII.8. Menggunakan dua kelas eksperimen dan dua kelas control yang dipilih secara random. Kelas eksperimen di beri perlakuan berupa pembelajaran The 5E Learning Cycle Model. Pada kelas kontrol guru menggunakan model pembelajaran The 3E Learning Cycle Model. Instrumen perlakuan yang digunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan materi cahaya sedang instrumen pengukuran menggunakan tes kemampuan bernalar dan keterampilan proses sains. Teknik menguji hipotesa menggunakan uji Manova satu arah. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan keterampilan proses Sains dan kemampuan bernalar siswa yang belajar menggunakan pembelajaran The 5E Learning Cycle Model dan siswa yang belajar secara The 3E Learning Cycle Model (2) Keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan pembelajaran The 5E Learning Cycle Model lebih tinggi daripada siswa yang belajar secara The 3E Learning Cycle Model (3) Kemampuan bernalar siswa yang belajar dengan pembelajaran The 5E.Learning Cycle Model lebih tinggi daripada siswa yang belajar secara The 3E Learning Cycle Model. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menyarankan bahwa guru yang ingin menggunakan The 5E Learning Cycle Model dalam pembelajaran sebaiknya mengatur waktu dan konsep yang akan dipelajari agar kompetensi yang diinginkan dapat tercapai. Apabila menggunakan materi cahaya sebaiknya juga menggunakan animasi untuk mengamati bayangan maya atau untuk menunjukan arah sinar yang merambat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59755 |
Actions (login required)
View Item |