Pratama, Rahmadhani (2014) Pengaruh strategi Ideal dengan Formative Feedback terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains fisika siswa SMA / Rahmadhani Pratama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pratama Rahmadhani. 2014. Pengaruh Strategi IDEAL Dengan Formative Feedback Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. H. Wartono M.Pd (2) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata kunci strategi IDEAL formative feedback penguasaan konsep keterampilan proses sains. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Beberapa strategi pembelajaran telah dilakukan guru di kelas. Namun penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa masih tergolong rendah. Strategi-strategi yang ada tersebut masih belum dapat mengembangkan keterampilan proses sains siswa dan penguasaan konsep siswa dengan baik. Diharapkan penggabungan strategi IDEAL dengan formative feedback dapat mengatasi kekurangan-kekurangan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains fisika siswa pada pembelajaran IDEAL dengan formative feedback dan pembelajaran IDEAL. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu di mana desain penelitiannya adalah postest only control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA-2 dan XI IPA-3 dengan populasi kelas XI IPA SMA Negeri 2 Banjarmasin. Kelas kontrol pada penelitian ini adalah kelas XI IPA-2 dengan menggunakan pembelajaran IDEAL. Kelas eksperimen adalah kelas XI IPA-3 dengan menggunakan pembelajaran IDEAL dengan formative feedback. Variabel-variabel penelitian yang diukur dalam penelitian ini meliputi variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah strategi IDEAL dengan formative feedback. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah penguasaan konsep dan keterampilan proses sains fisika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains fisika pada pembelajaran IDEAL dengan formative feedback dibandingkan dengan pembelajaran IDEAL. Hasil uji-t untuk penguasaan konsep menunjukkan nilai 3 12 nilai ini lebih tinggi dari taraf nyata 945 0 05 dengan nilai 2 04. Demikian juga hasil uji-t untuk keterampilan proses sains menunjukkan nilai 2 89 nilai ini lebih tinggi dari taraf nyata 945 0 05 dengan nilai 2 04. Penguasaan konsep siswa dengan pembelajaran menggunakan strategi IDEAL dengan formative feedback lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan strategi IDEAL. Nilai rata-rata penguasaan konsep kelas eksperimen sebesar 73 85 lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 69 41. Keterampilan proses sains siswa dengan pembelajaran menggunakan strategi IDEAL dengan formative feedback lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan strategi IDEAL. Rata-rata keterampilan proses sains untuk kelas eksperimen bernilai 3 49 sedangkan kelas kontrol bernilai 3 29.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59752 |
Actions (login required)
View Item |