Hafizah, Ellyna (2014) Pengaruh anchored instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X / Ellyna Hafizah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hafizah Ellyna. 2014. Pengaruh Anchored Instruction terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Arif Hidayat M. Si Ph.D. (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata kunci anchored instruction penguasaan konsep kemampuan pemecahan masalah 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Salah satu tujuan pembelajaran fisika saat ini adalah menghasilkan siswa yang tidak hanya menguasai materi namun juga mempunyai kemampuan berpikir untuk memecahkan masalah. Pembelajaran interaktif dan inovatif yang dapat mengembangkan kemampuan di atas adalah anchored instruction. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang belajar dengan anchored instruction dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan quasi-experimental posttest only design. Populasi penelitian ini seluruh kelas X MAN 2 Martapura semester genap tahun ajaran 2013/2014. Sampel terdiri atas kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara random sampling. Kelas eksperimen belajar menggunakan anchored instruction dan kelas kontrol belajar dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terdiri atas silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) lembar kerja siswa (LKS) soal penguasaan konsep dan soal kemampuan pemecahan masalah fisika siswa. Pembelajaran dilakukan pada materi suhu dan kalor. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan multivariate of anova. Pengaruh pembelajaran diuji dengan uji Tukey. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang belajar menggunakan anchored instruction dan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Selanjutnya anchored instruction lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap penguaasan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |