Pradana, Muhammad Rizqi Adi (2014) Pengaruh metode herrmann whole brain teaching terhadap kemampuan berpikir kritis fisika dan model mental siswa di dalam pembelajaran fisika siswa kelas XI IPA / Muhammad Rizqi Adi Pradana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pradana Muhammad Rizqi Adi. 2014. Pengaruh Metode Herrmann Whole Brain Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika dan Model Mental Siswa di dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas XI IPA. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M.Pd. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci metode herrmann whole brain teaching kemampuan berpikir kritis model mental Salah satu tujuan pembelajaran Fisika adalah menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa yang digunakan untuk menganalisis permasalahan-permasalahan di dalam kehidupan sehari-hari serta meningkatkan kemampuan penguasaan konsep Fisika siswa. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan dengan cara menerapkan metode pembelajaran yang berpusat kepada siswa. Untuk menerapkan metode tersebut Guru perlu mengetahui karakteristik dari siswa melalui model pemikiran siswa yang disebut dengan model mental. Metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengetahui model pemikiran siswa adalah metode yang disusun berdasarkan karakteristik bagian otak siswa. Salah satu metode yang disusun berdasarkan karaktersitik bagian otak siswa adalah metode Herrmann Whole Brain Teaching (HWBT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metede HWBT terhadap kemampuan berpikir kritis Fisika dan model mental siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian gabungan dengan desain embedded experimental design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI-IPA SMAN 5 Malang 2013/2014. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen intervensi berupa RPP dan LKS instrumen pengukuran penelitian yaitu lembar validasi perangkat pembelajaran lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dengan metode HWBT kuesioner dan lembar panduan wawancara model mental serta instrumen tes kemampuan berpikir kritis Fisika. Analisis data di dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data kuantitatif dengan uji t berpasangan serta analisis data kualitatif dengan tahapan pengumpulan data reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perubahan kemampuan berpikir kritis fisika siswa berdasar rata-rata nilai hasil pre-test dan post-test. Kemampuan berpikir kritis Fisika siswa dilatihkan di dalam setiap tahapan metode HWBT dengan cara mengintegrasikan permasalahan sehari-hari di dalam pembelajaran 2) terdapat perubahan model mental siswa akibat adanya intervensi dengan metode HWBT. Model mental yang ditemukan di dalam penelitian ini antara lain Gravitational Model (GM) Mass Difference Model (MDM) Frictional Model (FM) dan Blend Model (BM) 3) Pengaruh Metode HWBT terhadap kemampuan berpikir kritis Fisika adalah adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis Fisika serta adanya perubahan model mental siswa dalam menganalisis sebuah permasalahan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59748 |
Actions (login required)
View Item |