Pengaruh strategi brain based learning berbantuan thinking map terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Wahyu Dwi Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi brain based learning berbantuan thinking map terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Wahyu Dwi Puspitasari

Puspitasari, Wahyu Dwi (2014) Pengaruh strategi brain based learning berbantuan thinking map terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Wahyu Dwi Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puspitasari Wahyu Dwi. 2014. Pengaruh Strategi Brain Based Learning Berbantuan Thinking Map terhadap Penguasaan Konsep Fisika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M.Si. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata kunci kemampuan berpikir kritis brain based learning thinking map penguasaan konsep fisika 12288 12288 12288 12288 Brain Based Learning (BBL) merupakan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan daya ingat siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar. Strategi BBL dapat berlangsung optimal dengan mengajak siswa memetakan ide. Thinking map merupakan alat bantu pembelajaran yang dapat membantu memetakan ide. Proses pembuatan Thinking Map secara tidak langsung melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Dengan demikian siswa lebih mudah dalam pemasukan informasi ke memori. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh thinking map pada BBL terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Blitar. Pemilihan sampel dilakukan secara cluster sampling. Dari tiga kelas di kelas XI IPA dipilih dua kelas secara acak. Kedua kelas ini sebagai kelas kontrol dan eksperimen. Instrumen perlakuan yang digunakan dalam penelitian adalah silabus dan RPP materi Elastisitas dan Getaran. Instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan tes penguasaan konsep materi Elastisitas dan Getaran. Sebelum digunakan untuk pengambilan data instrumen perlakuan dan pengukuran telah divalidasi oleh ahli. Khusus tes penguasaan konsep dilanjutkan uji coba ke siswa. Dengan demikian tes yang digunakan telah valid dan reliabel. Data penguasaan konsep dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Sebelum melakukan an lisis statistik inferensial dilakukan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan uji ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Scheffe. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian pengaruh thinking map pada BBL adalah sebagai berikut. (1) Penguasaan konsep fisika siswa kelompok berpikir kritis tinggi yang belajar BBL dengan thinking map lebih tinggi dibanding siswa yang belajar BBL. (2) Penguasaan konsep fisika siswa kelompok berpikir kritis rendah yang belajar BBL dengan thinking map lebih tinggi dibanding siswa yang belajar BBL. (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran yang digunakan dan kemampuan berpikir kritis terhadap penguasaan konsep. Hasil penelitian sesuai dengan penelitian sebelumnya sehingga Thinking Map dapat digunakan oleh guru untuk membantu meningkatkan penguasaan konsep fisika. Dampak positif tersebut diperoleh karena selama proses pembuatannya siswa memerlukan kemampuan berpikir.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59747

Actions (login required)

View Item View Item