Pengaruh integrative learning terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Anggun Variasi Islami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh integrative learning terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Anggun Variasi Islami

Islami, Anggun Variasi (2014) Pengaruh integrative learning terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X SMA Negeri 2 Malang tahun ajaran 2013/2014 / Anggun Variasi Islami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Islami Anggun Variasi.2014. Pengaruh Integrative Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Malang tahun Ajaran 2013/ 2014. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd (II) Dr. Siti Zulaikah M.Si Kata kunci integrative learning kemampuan pemecahan masalah penguasaan konsep 12288 12288 12288 12288 Guru seringkali tidak menyadari kesulitan-kesulitan yang dialami siswa pada materi Hukum Newton sehingga Siswa harus berjuang sendiri untuk memahami konsep. Kurangnya penguasaan siswa terhadap konsep menyebabkan siswa kesulitan untuk memecahkan masalah. Penguasan konsep yang tinggi akan membantu siswa untuk memilih solusi yang tepat ketika menyelesaikan masalah. Integrative learning akan membantu siswa untuk lebih mudah menguasai konsep dan banyak melatih kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika antara siswa yang dibelajarkan melalui integrative learning dengan siswa yang dibelajarkan melalui inkuiri terbimbing. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Sampelnya terdiri dari 68 siswa kelas X SMAN 2 Malang Jawa Timur. Penelitian dilakukan selama 6 minggu. Kedua kelas diberikan tes berupa soal pilihan ganda untuk penguasaan konsep dan soal essay untuk kemampuan pemecahan masalah. Data dianalisis menggunakan MANOVA satu arah dengan tingkat signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang belajar menggunakan integrative learning dengan yang belajar dengan inkuiri terbimbing. Selanjutnya pada uji tukey menunjukkan bahwa penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang belajar dengan integrative learning lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa integrative learning sangat efektif untuk digunakan pada pembelajaran yang mengharapkan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika yang tinggi. Saran pada penelitian ini adalah peneliti selanjutnya disarankan untuk menganalisis dimensi integrative learning. Saran selanjutnya peneliti menyarankan mengembangkan pembelajaran dengan menggunakan ePortofolio.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59746

Actions (login required)

View Item View Item