Dampak authentic problem melalui integrative learning terhadap perubahan konseptual dan kerja ilmiah fisika siswa pada topik gerak lurus / Muhammad Nur Hudha - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak authentic problem melalui integrative learning terhadap perubahan konseptual dan kerja ilmiah fisika siswa pada topik gerak lurus / Muhammad Nur Hudha

Hudha, Muhammad Nur (2014) Dampak authentic problem melalui integrative learning terhadap perubahan konseptual dan kerja ilmiah fisika siswa pada topik gerak lurus / Muhammad Nur Hudha. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hudha Muhammad Nur. 2014. Dampak Authentic Problem melalui Integrative Learning Terhadap Perubahan Konseptual dan Kerja Ilmiah Fisika Siswa SMA pada Topik Gerak Lurus. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (II) Dr. Sutopo M. Si Kata kunci integrative learning kerja ilmiah perubahan konseptual 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Tujuan pembelajaran Fisika pada tingkat SMA diarahkan untuk menguasai konsep dan melatihkan kerja ilmiah atau scientific approach siswa yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Salah satu pembelajaran yang cocok dengan tujuan tersebut adalah integrative learning Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan konseptual dan kerja ilmiah siswa setelah melalui pembelajaran authentic problem melalui integrative learning. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan embedded experimental design. Penelitian dilakukan pada kelas X SMA Suryabuana Malang 2013/2014. Data kualitatif yang berupa kerja ilmiah dan pelaksanaan pembelajaran diambil melalui observasi langsung dan disajikan secara deskriptif. Data kuantitatif yang berupa nilai perubahan konseptual siswa diambil melalui tes penguasaan konsep dan dianalisis melalui uji paired t-test. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perubahan konseptual pada siswa setelah dilakukan pembelajaran Authentic problem melalui Integrative Learning. Rata-rata skor penguasaan konsep berubah dari 41 7 menjadi 76 27. 2) Kerja ilmiah siswa yang dilatihkan dan proporsi siswa yang bisa mencapai kualitas baik adalah menggunakan alat dan bahan (69%) mengumpulkan data (73%) menganalisis data (61%) menyimpulkan (75%) dan mengkomunikasikan hasil eksperimen (77%). 3) Pembelajaran authentic problem melalui integrative learning yang diterapkan pada penelitian ini memiliki ciri siswa memecahkan masalah otentik melalui diskusi dan praktikum evaluasi yang dilakukan meliputi evaluasi diri sendiri evaluasi teman dan evaluasi guru .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59744

Actions (login required)

View Item View Item