Pengaruh visual scaffolding berbasis rhink pair share terhadap prestasi belajar fisika ditimjau dari pengetahuan awal siswa SMAN 9 Malang / Dewi Amiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh visual scaffolding berbasis rhink pair share terhadap prestasi belajar fisika ditimjau dari pengetahuan awal siswa SMAN 9 Malang / Dewi Amiroh

Amiroh, Dewi (2014) Pengaruh visual scaffolding berbasis rhink pair share terhadap prestasi belajar fisika ditimjau dari pengetahuan awal siswa SMAN 9 Malang / Dewi Amiroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Amiroh Dewi. 2014. Pengaruh Visual Scaffolding Berbasis Think Pair Share Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMAN 9 Malang. Tesis. Prodi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Supriyono Koes H. M.Pd MA. (2) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. Kata kunci pengetahuan awal prestasi belajar fisika think pair share visual scaffolding. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Prestasi belajar fisika siswa SMA Indonesia yang rendah dan kendala pengetahuan awal siswa yang beragam menuntut pembelajaran yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang aktif dan sesuai dengan pengetahuan awal siswa. Hal ini perlu dilakukan agar siswa mampu membangun pengetahaun sesuai dengan zone of proximal development mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas visual scaffolding berbasis TPS terhadap prestasi belajar fisika siswa ditinjau dari pengetahuan awal siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini berada pada jalur penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Malang. Sampel penelitian dipilih cluster sampling satu kelas sebagai kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan visual scaffolding berbasis TPS dan satu kelas sebagai kelompok kontrol dengan model pembelajaran TPS dimana masing-masing terdiri dari 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah visual scaffolding berupa link map Lembar Kerja Siswa (LKS) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi gerak melingkar gerak parabola gravitasi newton dan elastisitas. Data dikumpulkan melalui tes pengetahuan awal dan prestasi belajar yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Reliabilitas Alpha Cronbach tes prestasi belajar adalah 0 706. Uji prasyarat normalitas data dan homogenitas varian dilakukan sebelum pengujian hipotesis. Data dianalisis dengan teknik ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi 945 0 05. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tidak ada perbedaan prestasi belajar fisika antara kelompok siswa yang belajar dengan visual scaffolding berbasis TPS dan siswa belajar dengan model pembelajaran TPS tetapi rata-rata prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan visual scaffolding berbasis TPS lebih tinggi dan visual scaffolding berbasis TPS mampu meningkatkan prestasi belajar fisika siswa dengan pengetahuan awal rendah (2) ada perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa berpengetahuan awal tinggi dan rendah (3) tidak ada pengaruh interaksi antara pembelajaran (menggunakan visual scaffolding berbasis TPS dan TPS) dan pengetahuan awal terhadap prestasi belajar fisika siswa. 12288 12288 12288 12288 Saran yang dapat disampaikan antara lain (1) visual scaffolding berbasis TPS dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran di kelas (2) pada model TPS dapat digunakan alternatif tahapan pairing dengan cara memasangkan siswa berpengetahuan awal rendah dan atas yang kemudian dilanjutkan dengan membentuk kelompok yang terdiri dari dua pasang kelompok dan membentuk kelompok besar yang terdiri dari delapan siswa (3) hendaknya dilakukan evaluasi setiap selesai pembelajaran (4) hendaknya dilakukan penelitian lanjutan mengenai penerapan visual scaffolding berbasis TPS terhadap materi Fisika lain yang membutuhkan penggambaran konsep fisika secara utuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59743

Actions (login required)

View Item View Item