Pola keterampilan berpikir dan penguasaan konsep siswa pada strategi pembelajaran metakognisi berbantuan thinking map / Dyne Rizki Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pola keterampilan berpikir dan penguasaan konsep siswa pada strategi pembelajaran metakognisi berbantuan thinking map / Dyne Rizki Puspitasari

Puspitasari, Dyne Rizki (2014) Pola keterampilan berpikir dan penguasaan konsep siswa pada strategi pembelajaran metakognisi berbantuan thinking map / Dyne Rizki Puspitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Puspitasari Dyne Rizki. 2014. Pola Berpikir dan Penguasaan Konsep Siswa pada Pembelajaran Strategi Metakognisi Berbantuan Thinking Map. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Lia Yuliati M Pd. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata kunci pola keterampilan berpikir penguasaan konsep fisika strategi metakognisi thinking map. Pembelajaran fisika sebaiknya tidak hanya mementingkan hasil tetapi juga proses belajar terutama proses kognitif siswa dalam menguasai suatu materi. Melalui strategi pembelajaran metakognisi berbantuan thinking map proses kognitif siswa dikelompokkan dalam pola-pola keterampilan berpikir yang telah disesuaikan dengan indikator Bloom (2001). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pola keterampilan berpikir siswa SMP 2) keterkaitan pola keterampilan berpikir dengan penguasaan konsep fisika siswa dan 3) respon siswa terhadap pembelajaran fisika melalui strategi metakognisi berbantuan thinking map. Penelitian ini menggunakan mix method desain embedded experimental terhadap 22 siswa kelas 8 SMP Laboratorium UM. Secara umum penelitian ini dilakukan dalam 4 tahapan yaitu 1) pretes 2) intervensi strategi metakognisi berbantuan thinking map 3) posttest dan 4) wawancara serta pemberian angket. Analisis kuantitatif dilakukan pada data skor penguasaan konsep data respon peserta didik terhadap pembelajaran dan persentase keterkaitan antara pola keterampilan berpikir dengan penguasaan konsep fisika siswa. Analisis kualitatif dilakukan untuk mengetahui pola berpikir siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran fisika melalui strategi metakognisi berbantuan thinking map. Dengan cara apa analisis data dilakukan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) mayoritas (54 5%) pola keterampilan berpikir siswa kelas 8G berada pada level C3 2) Ada keterkaitan antara keterampilan berpikir dengan penguasaan konsep fisika siswa pada pembelajaran strategi metakognisi berbantuan thinking map dan 3) Respon siswa pada pembelajaran fisika melalui strategi metakognisi berbantuan thinking map sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut 1) penerapan strategi pembelajaran metakognisi berbantuan thinking map dapat digunakan guru sebagai alternatif pembelajaran fisika 2) guru harus lebih variatif dalam menyajikan contoh thinking map agar siswa lebih inovatif dalam menggunakan thinking map 3) bagi peneliti yang ingin melakukan penelitian serupa sebaiknya melakukan wawancara untuk mendalami keterkaitan antara pola berpikir dengan penguasaan konsep fisika siswa dan 4) perlu dilakukan penelitian sejenis tetapi dalam waktu yang lebih lama agar data yang didapatkan lebih detail.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59741

Actions (login required)

View Item View Item