Pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (concept attainment) berbantuan mind map terhadap penguasaan konsep dan kemampuna pemecahan masalah siswa SMP / Lailatul Masruroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (concept attainment) berbantuan mind map terhadap penguasaan konsep dan kemampuna pemecahan masalah siswa SMP / Lailatul Masruroh

Masruroh, Lailatul (2014) Pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep (concept attainment) berbantuan mind map terhadap penguasaan konsep dan kemampuna pemecahan masalah siswa SMP / Lailatul Masruroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masruroh Lailatul. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep (Concept Attainment) Berbantuan Mind Map terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Wartono M.Pd (2) Nandang Mufti S.Si M.T Ph.D. Kata kunci model pencapaian konsep mind map penguasaan konsep kemampuan pemecahan masalah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan untuk menguji adanya perbedaan serta pengaruh model pembelajaran pencapaian konsep berbantuan mind map dan model pembelajaran pencapaian konsep terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Model pembelajaran pencapaian konsep berbantuan mind map merupakan salah satu upaya perbaikan dalam pelaksanaan model pembelajaran pencapaian konsep. Model pembelajaran pencapaian konsep dapat mempertajam keterampilan berpikir dasar siswa dengan mempelajari dan menerapkan konsep-konsep kunci sehingga siswa dapat menguasai berbagai konsep. Pada pelaksanaannya model pembelajaran pencapaian konsep memiliki kelemahan yakni model tersebut menjadi kurang efektif jika siswa tidak memiliki pengetahuan awal. Kelemahan tersebut dapat diatasi dengan pembuatan mind map yang dapat mengoptimalkan pengetahuan awal siswa. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan rancangan postest only control group design. Sampel terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan random sampling. Jumlah responden 60 siswa dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas model pembelajaran pencapaian konsep berbantuan mind map dan kelas model pembelajaran pencapaian konsep. Data penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa diukur dengan instrumen penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan adalah one way manova. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan model pembelajaran pencapaian konsep berbantuan mind map dan model pembelajaran pencapaian konsep. Hasil tersebut ditunjukkan oleh nilai sig. hitung penguasaan konsep (0 033) dan kemampuan pemecahan masalah (0 031) taraf signifikansi (0 05).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 23 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59740

Actions (login required)

View Item View Item