Penggunaan media komik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema Tempat Tinggalku pada siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Kecamatan Sukun Kota Malang / Nila Aula Ervina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media komik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema Tempat Tinggalku pada siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Kecamatan Sukun Kota Malang / Nila Aula Ervina

Ervina, Nila Aula (2015) Penggunaan media komik untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema Tempat Tinggalku pada siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3 Kecamatan Sukun Kota Malang / Nila Aula Ervina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ervina Nila Aula. 2015. Penggunaan Media Komik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Tema Tempat Tinggalku Pada Siswa Kelas 4 SDN Bandungrejosari 3 Kecamatan Sukun Kota Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah. Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Murtiningsih M.Pd (2) Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata kunci media komik aktivitas belajar hasil belajar SD. Kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran menyebabkan kondisi kelas yang pasif dan membosankan. Hasil observasi menunjukkan bahwa aktivitas siswa sangat rendah dalam proses pembelajaran. Rendahnya aktivitas belajar siswa berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Dari 43 siswa hanya 10 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM. Hasil wawancara menunjukkan bahwa salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di karenakan proses belajar yang hanya berfokus pada buku siswa kurangnya inovasi penggunaan media dan situasi kelas yang kurang kondisif dikarenakan siswa kurang fokus pada materi yang di berikan. Oleh karena itu peneliti mengajukan untuk menggunakan media komik dalam pembelajaran tema tempat tinggalku subtema aku bangga daerah tempat tinggalku di kelas IV SDN Bandungrejosari 3. Penelitian dilaksanakan bertujuan (1) mendiskripsikan penggunaan media komik dalam pembelajaran tema tempat tinggalku (2) mendeskripsikan penggunaan media komik untuk meningkatkan aktivitas siswa (3) mendeskripsikan penggunaan media komik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3. Subjek penelitian yaitu 43 siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan penelitian berupa PTK yang menggunakan siklus PTK model Kemmis Dan Taggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bandungrejosari 3. Perolehan nilai rata-rata klasikal aktivitas siswa siklus 1 73 32% siklus 2 82 83%. Peningkata yang dicapai dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 9 51%. Nilai hasil belajar siswa pada pra tindakan 73 95% siklus 1 76 72% dan sikus 2 yaitu 86 94%. Peningkatat pra tindakan ke siklus 1 sebanyak 2 77% sedangkan dari siklus 1 ke siklus 2 peningkatan 10 22%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media komik dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diajukan yakni dapat memanfaatkan media komik pada pembelajaran dengan kesesuaian materi yang akan diajarkan sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5974

Actions (login required)

View Item View Item