Pambudi, Dwi Lejaring (2014) Pengaruh pembelajaran REACT dengan pendekatan VAK terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan metakognitif siswa SMAK Kolese Santo Yusup Malang / Dwi Lejaring Pambudi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pambudi D.L. 2014. Pengaruh Pembelajaran REACT dengan pendekatan VAK terhadap Penguasaan Konsep Fisika Ditinjau dari Kemampuan Metakognitif Siswa SMAK Kolese Santo Yusup Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Markus Diantoro M.Si (2) Dr. Wartono M.Pd Kata Kunci Pembelajaran REACT visual auditori kinestetik penguasaan konsep kemampuan metakognitif. 12288 12288 12288 12288 Dalam pembelajaran Fisika penguasaan konsep menjadi salah satu indikator keberhasilan proses pembelajaran. Model pembelajaran dan kemampuan metakogni-tif siswa ikut membantu dalam proses penguasaan konsep tersebut. Sejauh ini belum ditemukan penelitian yang menguji efektivitas pembelajaran REACT-VAK REACT dibandingkan dengan pembelajaran direct instruction. Pembelajaran REACT dengan pendekatan VAK dan kemampuan metakognitif diyakini dapat membantu pengua-saan konsep Fisika siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model pembelajaran REACT-VAK model pembelajaran REACT dan model pembelajaran direct instruction terhadap penguasaan konsep serta mengetahui efektivitas model pembelajaran REACT-VAK dibandingkan dengan model pembelajaran REACT dan model pembelajaran direct instruction terhadap penguasaan konsep ditinjau dari kemampuan metakognitif siswa 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAK Kolese Santo Yusup Malang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan diperoleh 3 kelas menggunakan pembelajaran REACT-VAK 3 kelas menggunakan pembelajaran REACT dan 3 kelas menggunakan pembelajarn direct instruction. Instrumen penelitian terdiri atas RPP silabus soal keterampilan metakognitif dan soal penguasaan konsep Optika Geometri. Teknik analisis data menggunakan uji Anava dua jalur dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguasaan konsep siswa yang belajar dengan REACT-VAK lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan REACT dan direct instruction (2) penguasaan konsep siswa yang memiliki kemampuan metakognitif tinggi lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kemampuan metakognitif rendah (3) penguasaan konsep siswa yang belajar dengan REACT-VAK tidak lebih tinggi dibandingkan dengan REACT dan direct instruction untuk kemampuan metakognitif tinggi (4) Penguasaan konsep siswa yang belajar dengan REACT-VAK tidak lebih tinggi dibandingkan dengan REACT untuk kemampuan metakognitif rendah. Penguasaan konsep siswa yang belajar dengan REACT-VAK lebih tinggi dibandingkan dengan direct instruction untuk kemamampuan metakognitif rendah. Penguasaan konsep siswa yang belajar dengan REACT lebih tinggi dibandingkan dengan direct instruction untuk kemampuan metakognitif rendah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59739 |
Actions (login required)
View Item |