Pengaruh pembelajaran TPS dengan scaffolding konseptual terhadap kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika ditinjau dari pengetahuan awal siswa kelas XI IPA SMAN 3 Malang / Khoirul Haniin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran TPS dengan scaffolding konseptual terhadap kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika ditinjau dari pengetahuan awal siswa kelas XI IPA SMAN 3 Malang / Khoirul Haniin

Haniin, Khoirul (2014) Pengaruh pembelajaran TPS dengan scaffolding konseptual terhadap kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika ditinjau dari pengetahuan awal siswa kelas XI IPA SMAN 3 Malang / Khoirul Haniin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Haniin Khoirul. 2014. Pengaruh Pembelajaran TPS dengan Scaffolding Konseptual terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sintesis Fisika Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M. Si. (II) Dr. Supriyono Koes H. M. Pd. M. A Kata Kunci masalah sintesis fisika pengetahuan awal scaffolding konseptual TPS Masalah sintesis merupakan masalah yang mengandung multikonsep di mana konsep-konsep tersebut telah dipelajari dalam waktu yang berbeda. Masalah sintesis fisika sulit diselesaikan oleh siswa sehingga mereka perlu dilatih dengan scaffolding konseptual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran TPS dengan scaffolding konseptual terhadap kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika ditinjau dari pengetahuan awal siswa kelas XI SMAN 3 Malang. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Malang tahun pelajaran 2013-2014. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster sampling. Dari populasi tersebut diambil dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas eksperimen dengan pembelajaran TPS dengan scaffolding konseptual dan kelas kontrol dengan pembelajaran TPS. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen perlakuan berupa LKS dan instrumen pengukuran berupa tes pilihan ganda untuk mengukur pengetahuan awal dan tes uraian untuk mengukur kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika. Hasil perhitungan uji reliabilitas soal kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika diperoleh ri 0 82. Data hasil penelitian eksperimen dianalisis dengan analisis variansi (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan tiga hal berikut. Pertama ada perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika antara kelompok siswa yang belajar melalui pembelajaran TPS dengan scaffolding konseptual dan pembelajaran TPS. Kedua ada perbedaan kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika antara kelompok siswa yang mempunyai tingkat pengetahuan awal berbeda. Ketiga tidak ada pengaruh interaksi antara stategi pembelajaran (pembelajaran TPS dengan scaffolding konseptual dan pembelajaran TPS) dan pengetahuan awal terhadap kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika. Berdasarkan hasil penelitian ini beberapa saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut. Pertama penting bagi guru untuk melaksanakan strategi pembelajaran TPS dengan scaffolding konseptual terutama untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah sintesis fisika. Kedua guru hendaknya mengukur pengetahuan awal untuk mengetahui karakteristik siswa sehingga guru dapat menerapkan strategi pembelajaran yang cocok untuk memperoleh proses dan hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59738

Actions (login required)

View Item View Item