Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 6 Malang / Andi Kurniawan Eko Supriyadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 6 Malang / Andi Kurniawan Eko Supriyadi

Supriyadi, Andi Kurniawan Eko (2014) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir eksperimen terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 6 Malang / Andi Kurniawan Eko Supriyadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Supriyadi Andi Kurniawan Eko. 2013. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Diagram Alir Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 6 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M.Pd (II) Dr. Markus Diantoro M.Si. Kata kunci inkuiri terbimbing diagram alir keterampilan proses sains prestasi belajar. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilakukan untuk menguji adanya perbedaan serta pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir eksperimen pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa. Pada pelaksanaannya pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki kelemahan yakni siswa harus memiliki kesiapan dan kematangan mental siswa harus berani dan berkeinginan untuk mengetahui keadaan sekitarnya dengan baik. Kesiapan siswa dalam melakukan eksperimen ditentukan oleh konsep dasar atau pengetahuan awal yang dimiliki siswa. Pengetahuan awal siswa dapat dioptimalkan dengan pembuatan diagram alir sebelum eksperimen. 12288 12288 12288 12288 Jenis penelitian ini adalah quasy experiment dengan rancangan posttest only control group design. Sampel terdiri dari 3 kelas yang diambil dengan teknik random sampling. Jumlah responden 96 siswa dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir eksperimen pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional. Data keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa diukur dengan instrumen keterampilan proses sains dan prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah one way manova. Uji lanjut yang digunakan adalah uji LSD. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir eksperimen pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional. Hasil uji lanjut LSD menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir eksperimen lebih tinggi dibanding siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dibanding siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Bagi guru yang ingin melakukan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram alir eksperimen hendaknya dilaksanakan pada pokok bahasan yang terdapat eksperimen dan sebelumnya guru telah melatihkan cara membuat diagram alir eksperimen.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59736

Actions (login required)

View Item View Item