Efektivitas pogil berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pasuruan / Suryo Putro - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pogil berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pasuruan / Suryo Putro

Putro, Suryo (2013) Efektivitas pogil berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pasuruan / Suryo Putro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putro Suryo. 2013. Efektivitas POGIL Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Pasuruan. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (2) Dr. Wartono M.Pd. Kata Kunci POGIL berbasis masalah berpikir kritis prestasi belajar. 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran fisika yang diharapkan adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa dan membuat siswa untuk menjalani suatu proses tentang cara pengetahuan dapat diciptakan serta menemukan hubungan bermakna antara ide-ide abstrak dengan penerapan praktis di dalam konteks kehidupan sehari-hari sehingga pelajaran fisika tidak hanya sebagai kumpulan rumus dan fakta yang harus dihafalkan oleh siswa. POGIL Berbasis Masalah diharapkan dapat mengembangkan sejumlah keterampilan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan pola berpikir kritis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas POGIL Berbasis Masalah terhadap kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pasuruan. 12288 12288 12288 12288 Penelitian dirancang dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pasuruan. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan hasil untuk instrumen kemampuan berpikir kritis r 0 86 dan prestasi belajar fisika r 0 95. Pengumpulan data dilakukan dengan post-test terhadap 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Sebelum diuji hipotesis terlebih dahulu data diuji dengan uji prasarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan POGIL Berbasis Masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (2) kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan POGIL Berbasis Masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan POGIL (3) kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan POGIL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (4) prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan POGIL Berbasis Masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (5) prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan POGIL Berbasis Masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan POGIL dan (6) prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan POGIL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59732

Actions (login required)

View Item View Item