Purnomo, FX. Gatot Setyo (2013) Pengembangan sistem penilaian formatif untuk meningkatkan penguasaan konsep alat optik pada siswa kelas X SMAK Kolose Santo Yusup Malang / FX. Gatot Setyo Purnomo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci penilaian pembelajaran penilaian sumatif penilaian formatif sistem penilaian formatif alat optik Penilaian pembelajaran memiliki 2 tujuan yaitu tujuan sumatif dan formatif. Penilaian sumatif bertujuan untuk memperoleh informasi ketercapaian kompetensi siswa. Penilaian formatif bertujuan untuk membantu belajar siswa. Penilaian sumatif dilakukan di akhir pembelajaran sedangkan penilaian formatif dilakukan selama pembelajaran. Pelaksanaan penilaian yang cenderung dilakukan pada akhir pembelajaran telah membiasakan siswa memenuhi kebutuhan belajarnya menjelang akhir periode pembelajaran. Pemberian umpan balik pada akhir pembelajaran juga kurang memberikan dampak pada perbaikan belajar siswa. Penilaian pembelajaran seharusnya lebih banyak memberikan bantuan bagi perkembangan belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian pengembangan. Prosedur yang digunakan mengadaptasi prosedur Borg Gall (1983). Subjek penelitian adalah siswa kelas X sebanyak 4 kelas yang dibagi menjadi 2 kelas untuk kelompok eksperimen dan 2 kelas untuk kelompok kontrol pada SMAK Kolese St. Yusup Malang. Data penelitian terdiri dari data kualitatif yang diperoleh melalui angket wawancara tak terstruktur dan dokumentasi dan data kuantitatif diperoleh melalui penilaian sumatif berupa data post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penilaian kelayakan produk dilakukan oleh validator sebanyak 5 orang yaitu 1 orang ahli penilaian 1 orang ahli materi pembelajaran dan 3 orang guru fisika. Data penilaian kelayakan berupa data kuantitatif berskala Likert dan data kualitatif berupa komentar/saran validator. Data post-test kelompok eksperimen dan kontrol dianalisis dengan uji Mann-Whitney (U-test) untuk menentukan tingkat signifikansi perbedaan 2 rerata nilai post-test kedua kelompok. Produk pengembangan layak untuk digunakan dalam pembelajaran alat optik. Penerapan produk untuk menguji efektifitas produk dilakukan pada 2 kelompok menunjukkan hasil yang belum efektif. Ketidakefektifan penerapan produk diduga berasal dari 2 faktor yaitu faktor produk dan faktor pengguna produk. Meskipun produk layak untuk digunakan dalam pembelajaran produk memerlukan tambahan informasi menyangkut kondisi-kondisi yang memungkin-kan produk dapat digunakan secara efektif oleh pengguna. Penggunaan produk secara efektif dapat dilakukan bila pengguna memenuhi beberapa syarat yang berkaitan dengan kultur kelas. Disarankan bagi guru sebagai pengguna untuk melakukan upaya pengembangan profesi yang menyangkut pengetahuan konten pedagogi dan konten pedagogi alat optik dan melakukan pembenahan relasi dan interaksi guru-siswa untuk menjamin efektifitas penerapan produk.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59731 |
Actions (login required)
View Item |