Maimanata, Nichla (2013) Pengaruh model pembelajaran herrmann whole brain terhadap kemampuan representasi dan prestasi belajar siswa SMA kelas X pada materi suhu dan kalor / Nichla Maimanata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci whole brain kemampuan representasi prestasi belajar fisika Model pembelajaran Herrmann Whole Brain adalah model pembelajaran yang didasarkan pada teori Whole Brain. Model pembelajaran Herrmann Whole Brain merupakan model pembelajaran yang dapat mengasah dan menstimulus kerja otak di keempat bagian. Representasi fisika merupakan proses yang mewakili kerja otak kanan dan kiri sedangkan prestasi belajar merupakan bentuk pencapaian siswa setelah mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Herrmann Whole Brain terhadap kemampuan representasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan nonequivalent comparison group post only dengan 1 kelompok eksperimen (N 35) dan 1 kelompok kontrol (N 31). Selama perlakuan kelompok eksperimen menerima model pembelajaran Herrmann Whole Brain dan kelompok kontrol menerima pembelajaran ceramah dan diskusi. Pada akhir pertemuan tes kemampuan representasi dan prestasi belajar diberikan kepada kedua kelompok. Tes dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Herrmann Whole Brain terhadap kemampuan representasi dan prestasi belajar. Untuk mengetahui perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol digunakan uji Mann-Withney U. Nilai mean rank digunakan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Herrmann Whole Brain terhadap kemampuan representasi dan prestasi belajar siswa. Hasil uji beda kemampuan representasi dengan uji Mann-Whitney U menunjukkan nilai U sebesar 256 50. Hasil konversi nilai U ke nilai z menunjukkan nilai z sebesar 3 69 dengan taraf signifikansi 0 05 zkritis 1 65. Hasil uji beda prestasi belajar dengan uji Mann-Whitney U menunjukkan nilai U sebesar 373 00. Hasil konversi nilai U ke nilai z menunjukkan nilai z sebesar 2 20 dengan taraf signifikansi 0 05 zkritis 1 65. Perolehan mean rank data kemampuan representasi pada kelompok eksperimen adalah 41 7 sedangkan perolehan mean rank data kemampuan representasi pada kelompok kontrol adalah 24 3. Perolehan mean rank data prestasi belajar pada kelompok eksperimen adalah 38 3 sedangkan perolehan mean rank data prestasi belajar pada kelompok kontrol adalah 28 0. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Herrmann Whole Brain berpengaruh terhadap kemampuan representasi dan prestasi belajar siswa. Hasil ini diperoleh karena tahap-tahap pembelajaran dalam model pembelajaran Herrmann Whole Brain dapat melatihkan kemampuan representasi serta prestasi belajar siswa. Kemampuan representasi siswa terlihat pada tahap discussion dan repeating. Prestasi belajar siswa terlihat pada tahap investigation discussion dan repeating.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59730 |
Actions (login required)
View Item |