Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas IV di SDN ser-[gugus 08 Kecamatan Lowokwaru Malang / Anggun Putri Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas IV di SDN ser-[gugus 08 Kecamatan Lowokwaru Malang / Anggun Putri Maharani

Maharani, Anggun Putri (2015) Profil kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas IV di SDN ser-[gugus 08 Kecamatan Lowokwaru Malang / Anggun Putri Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Maharani Anggun Putri. 2015. Profil Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas IV Di SDN Se-Gugus 08 Kecamatan Lowokwaru Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni M.Pd Pembimbing (2) Drs. Goenawan Roebyanto S.Pd M.Pd Kata kunci Profil Kesalahan Soal Cerita Matematika SD. Matematika merupakan ilmu yang komplek matematika dapat dikatakan sebagai ilmu yang mendasari ilmu pengetahuan lain yang dipelajari di sekolah. Pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal matematika membutuhkan keterampilan ketelitian dan penguasaan konsep tentang materi. Soal cerita merupakan soal yang dapat disajikan dalam bentuk lisan maupun tulisan soal cerita yang berbentuk tulisan berupa kalimat yang mengilustrasikan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan. (1) mendeskripsikan profil kesalahan yang dilakukan siswa kelas IV SDN Se-Gugus 08 Kecamatan Lowokwaru Malangdalam menyelesaikan soal cerita materi operasi desimal dan persen (2) mengetahui letak kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa kelas IV SDN Se-Gugus 08 Kecamatan Lowokwaru Malangdalam menyelesaikan soal cerita materi operasi desimal dan persen ditinjau dari aspek memahami soal membuat model matematika melakukan komputasi dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian yang berupa paparan dalam bentuk dokumen gambar hasil pekerjaan siswa yang diolah dengan persentase yang disimbolkan dengan % kemudian dideskriptifkan. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap memeriksa langkah penyelesaian menghitung persentase siswa yang mengalami kesalahan membandingkan persentase siswa yang melakukan kesalahan dan mendeskripsikan data dari setiap butir soal yang dikelompokkan berdasarkan aspek rumusan masalah. Penelitian ini memperoleh hasil kesalahan siswa dalam memahami soal cerita sebesar 24 07% kesalahan membuat model matematika sebesar 59 09% kesalahan melakukan komputasi sebesar 27 37% dan kesalahan menarik kesimpulan sebesar 46 3%. Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pasti terjadi. Kesalahan siswa yang ditunjukkan yaitu kesalahan memahami soal ksalahan membuat model matematika kesalahan melakukan komputasi dan kesalahan menarik kesimpulan. Kemampuan siswa yang berpikirmya variatif maka diharapkan bagi pembaca ataupun pihak yang ingin mengadakan penelitian diharapkan meneliti aspek-aspek kesalahan lain yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5973

Actions (login required)

View Item View Item