Pengaruh learning log dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMAK Frateran Malang / Sri Wahyuni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh learning log dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMAK Frateran Malang / Sri Wahyuni

Wahyuni, Sri (2013) Pengaruh learning log dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika dan keterampilan proses sains siswa kelas X SMAK Frateran Malang / Sri Wahyuni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuni Sri. 2013. Pengaruh Learning Log dalam Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Penguasaan Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAK Frateran Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sentot Kusairi M Si (II) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. Kata kunci inkuiri terbimbing learning log penguasaan konsep fisika keterampilan proses sains Keberhasilan pembelajaran fisika dapat diukur dari tingkat penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa. Penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa masih perlu ditingkatkan secara terus-menerus. Salah satu cara yang dapat membantu meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains adalah menerapkan learning log dalam strategi pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh learning log dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap penguasaan konsep fisika dan keterampilan proses sains siswa SMAK Frateran Malang. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Desain yang digunakan dalam penelitian adalah post test only control group. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMAK Frateran Malang pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling dan diperoleh 2 kelas sebagai kelas eksperimen yang belajar menggunakan model inkuiri terbimbing disertai learning log dan 2 kelas sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Instrumen penelitian terdiri dari RPP silabus LKS rubrik learning log soal penguasaan konsep suhu dan kalor dan soal keterampilan proses sains materi suhu dan kalor. Teknik analisis data menggunakan uji t yang dilanjutkan dengan uji Tukey. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep fisika siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing disertai learning log lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional yang ditunjukkan oleh hasil uji t dengan thitung (10.487) ttabel (2.002) dan uji Tukey Qhitung (13.10063) Qtabel (3.74) keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing disertai learning log lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan konvensional yang ditunjukkan oleh hasil uji t dengan thitung (5.472) ttabel (2.002) dan uji Tukey Qhitung (7.738591) Qtabel (3.74). Kesimpulan dari penelitian ini adalah learning log yang disertakan dalam model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika dan keterampilan proses sains siswa sehingga peneliti menyarankan pada penelitian selanjutnya untuk menggunakan learning log dalam metode pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59729

Actions (login required)

View Item View Item