Pengaruh pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan bernalar siswa kelas X SMA Negeri 2 Genteng / Karunia Pertiwi Abimanyu - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan bernalar siswa kelas X SMA Negeri 2 Genteng / Karunia Pertiwi Abimanyu

Abimanyu, Karunia Pertiwi (2013) Pengaruh pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan bernalar siswa kelas X SMA Negeri 2 Genteng / Karunia Pertiwi Abimanyu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kemampuan bernalar inkuiri berbantuan mind mapping penguasaan konsep fisika Kemampuan bernalar siswa mempengaruhi terlaksananya proses pembelajaran inkuiri dalam mencapai penguasaan konsep fisika. Pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping diyakini dapat menjadikan siswa memiliki penguasaan konsep yang lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Kemampuan bernalar sangat berperan dalam pencapaian penguasaan konsep siswa. Tujuan utama penelitian adalah untuk menguji efektivitas pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan bernalar. Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah quasi experiment dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Genteng. Pemilihan kelas sampel dilakukan secara acak sehingga diperoleh 3 kelas inkuiri berbantuan mind mapping dan 3 kelas konvensional. Instrumen perlakuan yang digunakan adalah RPP dan LKS materi Kalor serta instrumen pengukuran yang digunakan adalah tes kemampuan bernalar dan tes penguasaan konsep tentang kalor. Uji normalitas dan homogenitas dilakukan sebagai prasyarat uji hipotesis. Teknik untuk menguji hip tesis adalah dengan menggunakan uji ANAVA dua jalur kemudian dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penguasaan konsep fisika siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional (2) terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan bernalar terhadap penguasaan konsep fisika siswa (3) penguasaan konsep fisika siswa yang memiliki kemampuan bernalar hypothetical deductive belajar dengan pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping lebih tinggi dibanding dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional (4) penguasaan konsep fisika siswa yang memiliki kemampuan bernalar empirical inductive belajar dengan pembelajaran inkuiri berbantuan mind mapping lebih tinggi dibanding dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59727

Actions (login required)

View Item View Item