Pengaruh Learning Cycle dengan multi representasi terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMAN 4 Malang / Kartika Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Learning Cycle dengan multi representasi terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMAN 4 Malang / Kartika Wulandari

Wulandari, Kartika (2013) Pengaruh Learning Cycle dengan multi representasi terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari penguasaan konsep fisika siswa kelas X SMAN 4 Malang / Kartika Wulandari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wulandari Kartika. 2013. Pengaruh Learning Cycle dengan Multi Representasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas X SMAN 4 Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Muhardjito M.S. (II) Dr. Markus Diantoro M.Si. Kata Kunci learning cycle multi representasi kemampuan pemecahan masalah penguasaan konsep fisika 12288 12288 12288 Kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dibangun dari sejauh mana penguasaannya terhadap suatu konsep. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa jika suatu pembelajaran dilakukan dengan model learning cycle dengan multi representasi ditinjau dari penguasaan konsep fisika siswa dengan memberikan latihan soal kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar dengan learning cycle dengan multi representasi dan siswa yang belajar dengan learning cycle (2) mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan penguasaan konsep fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah (3) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki penguasaan konsep fisika tinggi jika pembelajaran dilakukan dengan learning cycle dengan multi representasi dibandingkan learning cycle (4) mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki penguasaan konsep fisika rendah jika pembelajaran dilakukan dengan learning cycle dengan multi representasi dibandingkan learning cycle. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan desain penelitian 2 x 2 faktorial. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 dengan mengambil sampel sebanyak enam kelas. Instrumen dalam penelitian terdiri dari perangkat pembelajaran soal tes penguasaan konsep dan soal kemampuan pemecahan masalah. Data penelitian berupa hasil tes kemampuan pemecahan masalah dianalisis dengan Anava Dua Jalan setelah memenuhi uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji lanjutan yaitu Uji Tukey. 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini adalah (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan learning cycle multi representasi lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang belajar dengan learning cycle (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan penguasaan konsep fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah (3) kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki penguasaan konsep fisika tinggi lebih tinggi jika pembelajaran dilakukan dengan learning cycle multi representasi daripada jika pembelajaran dilakukan dengan learning cycle (4) kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki penguasaan konsep fisika rendah lebih tinggi jika pembelajaran dilakukan dengan learning cycle multi representasi daripada jika pembelajaran dilakukan dengan learning cycle.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59724

Actions (login required)

View Item View Item