Pengembangan model Conflict Maps-Problem Based Learning fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Anis Farida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model Conflict Maps-Problem Based Learning fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Anis Farida

Farida, Anis (2013) Pengembangan model Conflict Maps-Problem Based Learning fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SMA / Anis Farida. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farida Anis. 2013. Pengembangan Model Conflict Maps-Problem based Learning Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran Conflict Maps-Problem Based Learning kemampuan berpikir kritis. Guru fisika mempunyai tugas utama menciptakan suasana belajar yang menyenangkan mempermudah kegiatan belajar bagi siswa dapat menarik minat dan antusias siswa serta dapat memotivasi siswa untuk senantiasa belajar fisika dengan baik dan semangat. Untuk itu diperlukan variasi pembelajaran dan model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk berpikir aktif kreatif menyenangkan dan memotivasi untuk senantiasa belajar fisika dengan semangat. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran fisika adalah Problem Based Learning. Sejauh ini telah banyak dibuktikan bahwa model Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah namun kemampuan ini belum menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis secara langsung. Problem Based Learning juga memiliki kelemahan antara lain dibutuhkan waktu yang lama dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model Conflict Maps-Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Desain penelitian ini mengacu pada Research Development yang terdiri dari studi pendahuluan pengembangan model dan uji model. Studi pendahuluan terdiri studi pustaka dan studi lapangan. Dari studi pendahuluan dilanjutkan dengan pengembangan model yang diawali draft model Conflict Maps-problem Based Learning selanjunya di validasi oleh 2 expert judgement. Hasil revisi kemudian divalidasi oleh 3 user judgment dan dihasilkan model Conflict Maps-Problem Based Learning. Uji model Conflict Maps-Problem Based Learningdilaksanakan di SMAN 1 Bantur dengan rancangan penelitian kuasi eksperimen. Hasil pengembangan model Conflict Maps-Problem Based Learningberupa flowchart silabus RPP sintaks bahan ajar LKS dan perangkat penilaian. Model pembelajaran Conflict Maps-Problem Based Learning yang dikembangkan memiliki sintaks yaitu (1)Orientasi siswa pada masalah dengan menggunakan Conflict Maps (2)Mengorganisasi siswa untuk belajar (3)Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok (4)Mengembangkan dan menyajikan Conflict Maps (5)Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah Hasil uji keefektifan model Conflict Maps-Problem Based Learningmenunjukkan bahwa hasilnya efektif dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Hal ini ditunjukkan oleh rata-rata nilai siswa yang diajar dengan model Conflict Maps-Problem Based Learning lebih tinggi dari kelas yang diajar dengan pembelajaran Problem Based Learning. Pengembangan model Conflict Maps-Problem Based Learning lebih lanjut dapat diujicobakan pada subyek penelitian yang lebih luas dan dikembangkan juga model penilaiannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59723

Actions (login required)

View Item View Item