Pengembangan bahan ajar fisika kontekstual berbasis socratic question pada materi termodinamika untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa SMA kelas XI / Gunawan Hadi Winarto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika kontekstual berbasis socratic question pada materi termodinamika untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa SMA kelas XI / Gunawan Hadi Winarto

Winarto, Gunawan Hadi (2013) Pengembangan bahan ajar fisika kontekstual berbasis socratic question pada materi termodinamika untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa SMA kelas XI / Gunawan Hadi Winarto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Winarto Gunawan Hadi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Berbasis Socratic Question pada Materi Termodinamika untuk Mengem-bangkan Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA Kelas XI. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd. (2) Nandang Mufti M.T. Ph.D. Kata kunci bahan ajar fisika kontekstual socratic question materi termodinamika berpikir kritis. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 Termodinamika merupakan materi yang dianggap abstrak bagi siswa dan cenderung dibelajarkan menggunakan metode ceramah. Metode tersebut dilakukan karena bahan ajar yang sering digunakan masih sedikit mengkaitkan dengan contoh kehidupan nyata. Keadaan tersebut dapat membuat pembelajaran kurang efektif bagi siswa dan kemampuan berpikir kritis fisika siswa kurang berkembang. Pembelajaran fisika seharusnya menjadi wahana bagi siswa untuk belajar dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan melatih kemampuan berpikir. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dan pengembangan bahan ajar fisika kontekstual berbasis socratic question pada materi termodinamika untuk mendukung proses pembelajaran dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan bahan ajar fisika kontekstual berbasis socratic question pada materi termodinamika serta menguji efektivitas bahan ajar untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa SMA kelas XI. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R D) yang terdiri dari tiga tahap utama yaitu (1) studi pendahuluan terdiri dari studi lapangan studi pustaka dan rencana pengembangan (2) pengembangan draft produk terdiri dari penyusunan draft penilaian draf oleh ahli revisi I uji terbatas kepada user dan revisi II dan (3) uji coba terdiri dari implementasi analisis revisi III. Hasil uji kelayakan dan uji terbatas diperoleh data kuantitatif dari hasil pengisian angket dengan skala Likert dan data kualitatif berasal dari saran dan komentar. Uji coba dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan produk dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa. Tahap pengembangan produk menggunakan analisis persentase. Sedangkan uji independent sample t-test digunakan untuk analisis data kemampuan berpikir kritis fisika siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil uji kelayakan bahan ajar memperoleh persentase 83% panduan guru 73% dan panduan siswa78% (2) hasil uji terbatas bahan ajar memperoleh persentase 95% panduan guru 96% dan pandu-an siswa 100% dan (3) pembelajaran yang menggunakan bahan ajar fisika kontekstual berbasis socratic question pada materi termodinamika 4 31% lebih efektif dalam mengembangkan kemampuan berpiki kritis fisika siswa dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan bahan ajar yang biasa digunakan. Kelebihan bahan ajar adalah siswa dapat mengkaji fakta/ permasalahan yang nyata sebelum mempelajari materi lebih lanjut menggunakan socratic question yang berfungsi sebagai instruksi bagi siswa untuk membuka pemikiran siswa dapat menemukan konsepnya sendiri dan sudah teruji secara empiris. Kelemahan bahan ajar adalah soal yang menggambarkan aplikasi atau permasalahan dalam kehidupan sehari-hari terbatas dan kuantitas socratic question tidak merata.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59722

Actions (login required)

View Item View Item