Pengembangan bahan ajar fisika berbasis Whole Brain untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA / Hajjar Ariyani Isrofana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar fisika berbasis Whole Brain untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA / Hajjar Ariyani Isrofana

Isrofana, Hajjar Ariyani (2013) Pengembangan bahan ajar fisika berbasis Whole Brain untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA / Hajjar Ariyani Isrofana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci bahan ajar fisika whole brain kemampuan pemecahan masalah Sebagian besar bahan ajar yang digunakan di sekolah belum mengarahkan siswa pada pengembangan kemampuan pemecahan masalah dan belum mengintegrasikan kemampuan seluruh kuadran otak dalam penyajian materi. Kemampuan berpikir berbasis whole brain yang dikembangkan oleh Ned Herrmann berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah perlu dikembangkan bahan ajar fisika berbasis whole brain. Bahan ajar semacam ini diharapkan dapat mengakomodasi perbedaan tipe belajar siswa sekaligus mengembangkan kemampuan seluruh otak sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir terutama kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar fisika berbasis Whole Brain serta menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar fisika berbasis Whole Brain untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain penelitian pengembangan dari Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Suk-madinata. Tahapan penelitian meliputi studi pendahuluan tahap pengembangan dan tahap pengujian. Studi pendahuluan dilakukan dengan teknik observasi survei kuesioner serta studi kepustakaan. Tahap pengembangan terdiri dari uji validasi uji perorangan dan uji kelompok kecil. Data dikumpulkan melalui angket validasi. Data kualitatif dianalisis secara desktiptif sedangkan data kuantitatif dianalisis menggunakan kriteria kevalidan produk. Proses pengembangan melibatkan validator (dosen dan guru fisika) dan siswa-siswa di SMA Negeri 4 Malang SMAK Kolese Santo Yusup dan SMA Negeri 6 Malang. Pada tahap pengujian dilakukan implementasi bahan ajar fisika berbasis Whole Brain dalam pembelajaran di sekolah. Melalui uji coba lapangan diperoleh data kemampuan pemecahan masalah. Keefektifan bahan ajar ditentukan dengan menguji perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas uji coba dan kelas pembanding menggunakan uji-t. Produk pengembangan berupa bahan ajar fisika berbasis Whole Brain yang terdiri dari buku ajar panduan belajar guru dan panduan belajar siswa. Setelah melalui tahap pengembangan validasi dan revisi produk dinyatakan layak. Pengujian bahan ajar pada siswa kelas X SMA menunjukkan skor rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada kelas uji coba adalah 60 04 sedangkan skor untuk siswa kelas pembanding adalah 42 99. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa bahan ajar fisika berbasis Whole Brain dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59719

Actions (login required)

View Item View Item